Adat & Budaya

Antusias Masyarakat Desa Galagamba Sambut Idul Fitri 1445 H Dengan Takbir Keliling.

Kab.Cirebon, Jabar, mitratnipolri.com :

Tumpah ruah momen malam Idul Fitri 1445 H tiba Inilah malam takbir keliling ribuan warga Desa Galagamba kecamatan ciwaringin kabupaten cirebon untuk rayakan malam lebaran Idul Fitri 2024.

Tentunya acara malam takbir keliling adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh Indonesia. Apalagi takbir keliling cirebon terkenal dengan keberagaman budayanya yang begitu kental dengan budaya lokal khas cirebon. Di barengi dengan berbagai kreativitas dan karya dari masyarakat yang begitu antusias terhadap budaya pembuatan ogoh-ogoh yang unik.

Setiap tahunnya malam Idul Fitri tiba, kelompok masyarakat berbondong-bondong berkeliling di sekitaran lingkungan Desa dengan membawa pengeras suara sambil melantunkan takbir dan dzikir sembari menampilkan beraneka seninya.

Fenomena ini bukan hanya tentang ritual keagamaan semata, tetapi juga tentang semangat kebersamaan dan kebhinekaan yang mengetuk hati masyarakat.

AKP Baban Kurbandi selaku kapolsek Ciwaringin beserta Camat Ciwaringin “Dedi” Sekaligus Hartono Suwandi selaku kepala Desa Galagamba memantau berlangsungnya acara takbir keliling masyarakat Desa Galagamba dan acara tersebut berlangsung khidmat.

AKP Baban menghimbau kepada masyarakat Desa Galagamba untuk saling menjaga kondusifitas meski hal tersebut merupakan adat namun kita harus tetap saling menjaga berlangsungnya acara hingga di akhir “Ujarnya

Hal serupa Kuwu Desa Galagamba ” Hartono suwandi” Juga menyampaikan yang sama kita tetap saling menjaga kondusifitas sekaligus saya “Hartono Suwandi” Menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang turut memeriahkan acara takbir keliling dan sudah berjalan lancar. “Katanya

A. Suhendra

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button