Adat & BudayaInstitusi TNI

Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih

Boyolali, mitratnipolri.com

Tradisi adat merupakan identitas suatu wilayah sebagai wujud keberagaman budaya yang di miliki masyarakat.

Tradisi Gumbregan bersih air biasa digelar setiap tahunnya oleh masyarakat Desa Selodoko Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolal dengan beberapa rangkaian kegiatan. Dari mulai kerja bakti di sekitar lingkungan dan ditutup dengan doa bersama, Sabtu (27/04/24)

Babinsa Koramil 05/Ampel Kodim 0724/Boyolali Serka Sodikin mengatakan kegiatan ini merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur umat manusia kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rezeki melalui air yang merupakan sumber kehidupan dan segala bentuk hasil bumi.

Tradisi sedekah bumi di Desa Selodoko ini merupakan salah satu desa yang masih memegang teguh dan melestarikan budaya-budaya nenek moyang para leluhur. Acara perayaan Sedekah Bumi ini memiliki perbedaan yaitu adanya acara Doa bersama yang mana menyandingkan antara perayaan kebudayaan dengan acara keagamaan yang keduanya dikemas dalam harmonisasi keislaman dengan mengadakan doa bersama.

Babinsa Serka Sodikin akan mendukung penuh kegiatan sedekah bumi yang merupakan tradisi kearifan lokal yang harus tetap dipertahankan di masa modern seperti saat ini. 

Tambah Babinsa, “kami sangat berterima kasih kepada para tokoh masyarakat dan para sesepuh desa masih bisa mempertahankan adat istiadat yang masih diteruskan dan dikenalkan kepada penerus muda di Desa Selodoko,” tutur Babinsa

(Agus Kemplu)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button