Institusi TNI

Bantu Kesulitan Rakyat, Satgas Yonif 310/KK Perbaiki Instalasi Listrik di Perbatasan

Kab Keerom – Papua, mitratnipolri.com :

Dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat dan memberikan solusi, Satgas Yonif 310/Kidang Kancana membantu warga dalam memperbaiki instalasi listrik rumah yang rusak di Kampung Yuwainda Distrik Waris Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (12/09/2023).

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal melalui rilis yang disampaikan di Makotis Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, Rabu (13/09/2023).

Yuwainda Distrik Waris merupakan kampung yang masih belum tersentuh listrik PLN. Dalam kesehariannya masyarakat menggunakan panel Solar Cell untuk kebutuhan penerangan rumah akan tetapi dalam pelaksanaanya tidak semua warga memahami dalam penggunaannya.

Selain Solar Cell sumber penerangan warga bersumber dari Genset yang hanya dapat mengaliri listrik untuk sebagian rumah saja itupun hanya bebeberapa jam tergantung bahan bakar minyak (BBM) yang tersedia, bahkan sering tidak beroperasi karena tidak adanya BBM.

Dansatgas mengatakan bahwa kegiatan tersebut bermula pada saat personil pos sedang melaksanakan patroli simpatik dalam rangka menciptakan rasa aman dan nyaman di wilayah perbatasan RI – PNG. Dalam kujungannya mendapati seorang warga yang mengeluh tentang kondisi rumahnya yang sudah 2 bulan setiap malam gelap gulita karena unit Solar Cellnya mengalami kerusakan.

“Personel Satgas langsung merespon keluhan tersebut dan mencoba mencari sumber kerusakan, selama 2 jam perbaikan akhirnya Solar Cell tersebut dapat digunakan kembali,” jelas Dansatgas.

Lebih lanjut diketahui bahwa unit Solar Cell yang dimiliki warga berasal dari bantuan pemerintah pada tahun 2019 lalu, namun kondisinya tidak bagus karena kurangnya pemahaman warga dalam pengoperasian dan perawatan instalasi tersebut.

“Kami telah membekali personilnya dengan memberikan penataran dan pelatihan sebelum berangkat ke tanah Papua sehingga dapat mengatasi kesulitan masyarakat,” ucap Dansatgas.

Sementara itu, Bapak Balo (40) Kampung Yuwainda merasa sangat senang sekali karena penerangan rumahnya sudah dapat berfungsi kembali.

“Saya ucapkan terimaksih kepada personil Satgas yang telah membantu dan memperbaiki instalasi listrik miliknya sehingga penerangan dirumahnya bisa menyala kembali, tutur Bapak Balo.

(Pendam III/Siliwangi).

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button