Institusi TNI

Bersatu Bersama Alam Kodim 0601/Pandeglang Tanam Mangrove Di Pesisir Pantai Panimbang

Pandeglang Banten, mitratnipolri.com

Anggota Kodim 0601/Pandeglang bersama elemen masyarakat melaksanakan penghijauan dengan penanaman 5000 pohon mangrove di Pantai Kampung Ciseukeut Desa Mekar Sari Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Rabu (22/05/24)

Kegiatan ini terselenggara dari hasil kerjasama Kodim 0601/Pandeglang dengan yayasan Yayasan Planet Urgensi Indonesia (YPUI) yang saat ini tengah fokus pada pelaksanaan program Mangrove Ekosistem and Rhinocerrus Conservation Indonesia.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Ratu Tanti Darmiasih, S.Pd., M.Si. (Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang), Drs. Mulyono, M.Sc (Kordinator Projek Merci YPUI/Yayasan Planet Urgensi Indonesia), Kapten Inf Aris Saparudin (Danramil 0110/Labuan), Kapten Inf Asep Kandana (Danramil 0114/Cigeulis), Lettu Inf Mumung MH (Danramil 0111/Pagelaran), Lettu Czi Abdul Sukur (Danramil 0117/Panimbang), Iptu Asep Jamaludin (Kapolsek Panimbang), Mahpudin (Sekmat Panimbang), Anggota Kodim 0601/Pandeglang serta Masyarakat sekitar.

Mewakili Bupati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang Ibu Ratu Tanti Darmiasih, S.Pd., M.Si., dalam sambutannya mengatakan, pada hari kita akan menanam pohon mangrove dengan fungsi dan keuntungan menjaga lingkungan sekitar pantai kita. Tumbuhan ini bisa menahan ombak pantai dan juga bisa untuk pengembangan wisata serta masih banyak manfaat lainnya.

“Saya berpesan jangan sampai masyarakat membuang sampah di sekitar pohon mangrove yang di tanam karena akan ada dampaknya dengan tidak suburnya tanaman mangrove tersebut. Tentunya kita bersama-bersama harus mengedukasi menyampaikan kepada masyarakat dengan manfaat penanaman pohon mangrove, ucapnya saat memberikan sambutan.

Selain itu Kadis Lingkungan Hidup juga mengajak kepada masyarakat dengan menjaga kelestarian tanaman mangrove, menurutnya dengan kesadaran kita masing-masing tanaman mangrove akan tumbuh subur dan bermanfaat.

Pohon mangrove adalah pohon yang sangat bermanfaat bagi manusia dan termasuk salah satu bentuk pelestarian lingkungan. Diharapkan kegiatan penanaman bibit mangrove ini bisa semakin masif di Kabupaten Pandeglang, ” tambahnya.

Mengakhiri sambutannya Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang berharap Kegiatan ini bisa menjadi contoh kepada masyarakat sehingga kegiatan penanaman bibit mangrove semakin massif dan jumlah pohon mangrove di Kabupaten Pandeglang semakin banyak.

Dandim 0601/Pandeglang Letkol Inf. Suryanto, S.A.P., melalui Komandan Koramil (Danramil) 0117/Panimbang Lettu Czi. Abdul Syukur menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Program Pembinaan Lingkungan Hidup Kodim 0601/Pandeglang sesuai dengan tema kegiatan saat ini yaitu “Bersatu Bersama Alam Demi Indonesia Hijau

Dengan di tanamnya pohon mangrove dapat menjadikan sumber pendapatan bagi nelayan, pengembangan Kawasan pariwisata serta dapat memberikan dampak ekonomi yang luas, ‘’ucapnya

Dandim 0601/Pandeglang menjelaskan ditempat terpisah, Dalam mendukung program tersebut Kodim 0601/Pandeglang ikut serta melaksanakan kegiatan Penanaman Mangrove di Pantai kampung Ciseuket desa Mekarsari Panimbang.

kegiatan penanaman Mangrove merupakan bentuk antisipasi untuk mengurangi abrasi serta menjaga kelestarian lingkungan hidup di wilayah pesisir Kabupaten Pandeglang selain itu juga Pohon Mangrove memiliki banyak manfaat bagi lingkungan serta berperan penting dalam menjaga, melindungi dan penghijauan di pesisir pantai,”Pungkas Dandim

Jurnalis ( kaperwil Banten Abdul )

Editor. (Anto prayoga )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button