Institusi TNI

Buka Jalan Untuk Bangun Sekolah, Kodim 0613/Ciamis Kolaborasikan Program Padat Karya Dengan Karya Bhakti TNI

Ciamis, mitratnipolri.com :

Jajaran Kodim 0613/Ciamis melaksanakan kegiatan karya bakti TNI Satkowil Semester I Tahun 2023. Karya bakti yang dipadukan dengan Program Padat Karya Tunai Desa dilaksanakan di Desa Buanamekar, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (7/3/2023).

Karya bakti ini dilaksanakan selama 14 hari dari tanggal 7 Maret 2023 sampai 20 Maret 2023. Selama 14 hari prajurit TNI AD akan besatu padu, bahu membahu melaksanakan pekerjaan fisik berupa pembukaan akses jalan untuk masyarakat Desa Buanamekar. Tak hanya itu, juga dilaksanakan sosialisasi ke masyarakat yang merupakan bagian dari kegiatan non fisik.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., bersama Kepala Dinas PMD Kabupaten Ciamis Ape Ruswandana. Selain itu juga tampak hadir Kapolsek Panumbangan Iptu Ajat Rudiyatun, Camat Panumbangan, Kepala Baznas Kabupaten Ciamis dan Kepala Desa Buanamekar serta seluruh Kepala Desa di wilayah Kecamatan Panumbangan.

Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, ini merupakan kegiatan Karya Bakti TNI yang kita padukan dengan kegiatan Padat Karya Desa. Kegiatan yang dilakukan berupa pembukaan lahan jalan sejauh 2 kilometer.

Pembukaan lahan ini sebagai akses penghubung masyarakat di tiga dusun di Desa Buanamekar. Ketiga dusun itu yakni Dusun Cibulakang, Dusun Cipendeuy, dan Dusun Lebakrancah.

“Penunjukan desa Buanamekar ini, mengingat lokasi ini akan dibangun Sekolah Menengah Atas sehingga diperlukan sarana jalan tentunya sebagai sarana transportasi untuk jalan terdekat,” kata Dandim 0613/Ciamis.

Dandim berharap disituasi anggaran saat ini semua instansi dan stakeholder yang ada bersama-sama mensinergikan untuk pembangunan desa.

“Harapan kita bisa mensinergikan dengan kondisi saat ini anggaran yang direfocusing, sehingga dengan anggaran yang kecil kita padukan dengan berbagai stakeholder yang ada untuk bersama-sama membangun desa. Tentunya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Selain membuka kegiatan karya bakti, Dandim 0613/Ciamis bersama Kepala Dinas PMD Kabupaten Ciamis turut serta membagikan bantuan sosial kepada para lansia di Desa Buanamekar. Tak hanya itu, juga disalurkan bantuan pupuk organik Bios 44 kepada perwakilan Kelompok Tani di Desa Buanamekar.

Sumber : (Pendim 0613/Ciamis)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button