Pemerintahan

Bupati Imron Lepas Kontingen Kwarcab Cirebon Ikuti Raimuna Nasional XII di Cibubur

KABUPATEN CIREBON, JABAR, mitratnipolri.com :

Kontingen Pramuka Kabupaten Cirebon resmi dilepas mengikuti pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (Raimuna) di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

Kontingen Pramuka Kabupaten Cirebon ini dilepas langsung oleh Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag. Acara pelepasan sendiri berlangsung di Pendopo Bupati Cirebon, Jum’at (4/8/2023).

“Hari ini kita melepas kontingen peserta Kwartir Kabupaten Cirebon untuk mengikuti Raimuna Nasional Tahun 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta,” kata Imron.

Bupati yang juga sekaligus sebagai Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang Cirebon menambahkan, pihaknya menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ketua gerakan Pramuka Cabang Cirebon berikut jajarannya.

Yang dengan tanpa lelah, konsisten, komit serta tulus ikhlas mengabdikan dirinya untuk kemajuan gerakan pramuka, khususnya di Kabupaten Cirebon.

“Penghargaan dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh kakak-kakak pelatih, pembina, pamong dan instruktur serta anggota gerakan Pramuka Kwartir Cabang Cirebon yang senantiasa aktif dan solid dalam membangun karakter, serta kewiraan generasi muda Cirebon melalui gerakan Pramuka,” ujar Imron.

Menurutnya, Raimuna Nasional adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega seluruh Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang dilaksanakan lima tahun sekali oleh Pramuka Indonesia.

Lanjut Imron, kegiatan ini bertujuan untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam rangka rekrearif dan edukatif.

“Kegiatan-kegiatan di alam terbuka, menantang, ceria dan penuh dengan simbol-simbol perjuangan bangsa, sehingga mental-mental generasi muda tetap selalu terpatri dengan karakter-karakter yang positif,” sambung Imron.

“Kegiatan-kegiatan bagi anak-anak muda yang terus menerus dilakukan, sehingga menghasilkan pemuda-pemuda yang tangguh dan dapat dipercaya,” imbuhnya.

Masih kata Imron, untuk lebih memantapkan eksistensi gerakan Pramuka, telah terbit Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Sehingga, dengan Undang-undang ini gerakan Pramuka dapat memantapkan dirinya dalam eksistensi pembangunan di Kabupaten Cirebon.

“Raimuna Nasional ke-12 tahun 2023, Kwarcab Cirebon akan mengirimkan kontingen sebanyak 92 orang dengan komposisi satu regu putra dan satu regu putri. Berikut beberapa pembina pendampingnya, yang sebentar lagi akan kami lepas untuk kemudian berkiprah di Jakarta,” tutup Imron.

Ketua Kwarcab Cirebon, H. Jaya Supriadinata menambahkan, karena pramuka bergerak di bidang pendidikan, bukan hanya akademis, melainkan pendidikan karakter. Agar mereka memiliki budi pekerti luhur, karakter baik kemudian menjadi manusia berguna, terampil, sehat jasmani dan rohani.

“Kegiatan disana nanti ada berbagai lomba, utamanya berkemah, belajar hidup mandiri selama dua minggu, mulai tanggal 13- 22 Agustus. Kita mengirimkan 34 orang, diantaranya 2 pemimpin kontingen, sangga putra dan sangga putri,” ujar Jaya.

Sumber : (DISKOMINFO)

(Red/Taufik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button