Pemerintahan

Cegah Maraknya BKCHT Ilegal, Satpol PP dan Damkar Majalengka Gelar Sosialisasi Gempur Rokok Non Cukai

Majalengka, mitratnipolri.com– Guna antisipasi peredaran Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKCHT), Pemkab Majalengka melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar menggelar sosialisasi gempur rokok ilegal.

Gelaran tersebut dilaksanakan di objek wisata Situ Cipanten, Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, pada Rabu 6 Desember 2023.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D. Mardiana.

Hadir pada kesempatan itu, tim dari Bea cukai Cirebon, Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Majalengka Rachmat Kartono, perwakilan Kapolres, wakil Kejari dan Camat Sindang Fazri Pria Perdana.

Hadir juga perwakilan dari OPD terkait serta peserta 100 personil dari Satlimas se-Kabupaten Majalengka.

Kepala Bidang Penegakkan Perudangan Undangan Daerah (Perda), Satpol PP dan Damkar Kabupaten Majalengka, Moh. Wahidin mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi dengan anggota Satlimas se Kabupaten.

Selain itu ia mengatakan bahwa gelaran ini sekaligus untuk sosialisasi gempur rokok ilegal

melalui peran serta perlindungan masyarakat atau yang disebut dengan Satlinmas.

“Kegiatan sosialisasi ini bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau atau yang disebut dengan DBHCHT melalui Dinas Satpol PP dan pemadam kebakaran Kabupaten Majalengka tahun anggaran 2023,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D. Mardiana menyambut baik kegiatan sosialisasi yang bertempat di Objek Wisata ini.

“Dengan acara di outdoor memberikan kesan yang lain di samping mempromosikan objek wisata di Majalengka yang sangat indah juga dalam menyerap nanti informasi ilmu itu akan lebih fresh,”

“Sosialisasi ini sangat penting agar Satlinmas memahami amanat perundang-undangan harus kita tegakkan bersama, khususnya tentang pemberantasan rokok ilegal di Kabupaten Majalengka,” terang Tarsono.

Peredaran rokok ilegal, sambungnya, dipastikan negara ini akan mengalami kerugian. Ketika perusahaan rokok ini tidak terdaftar dan tidak memenuhi aturan perundang-undangan. Maka akan berpengaruh terhadap pendapatan negara.

“Dengan adanya pajak dari rokok ini, kemudian negara bisa membangun fasilitas untuk kebutuhan masyarakat,” ucap Tarsono.

Dilain pihak, Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Majalengka, Rachmat Kartono mengatakan gelaran ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi khususnya kepada Satlinmas di Kabupaten Majalengka terkait barang kena cukai ilegal.

“Harapannya, Satlinmas bisa memberikan edukasi kepada masyarakat terkait peredaran rokok ilegal,”

“Dan terus berantas peredaran di wilayah Kabupaten Majalengka dengan mengenali ciri-cirinya. Besar manfaatnya bagi kepentingan masyarakat dari DBHCHT ini,” tandasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button