Institusi TNIPemerintahan

Dandim 0605/Subang Jadi Narasumber Rakerda Kab. Subang.

Kab.Subang – Jawa Barat, mitratnipolri.com :

Komandan Kodim 0605/Subang Letkol Inf Bambang Raditya, M.Han, menjadi narasumber pada Rakerda Kabupaten Subang Tahun 2023 yang dihadiri Pimpinan Perangkat Daerah, Forkopimcam, Kepala Puskesmas, Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se Kabupaten Subang di GOR Gotong Royong Subang.

Hal ini dibenarkan Kapendam III/Siliwangi Letkol Inf Adhe Hansen di Kantor Pendam III/Siliwangi Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jabar, Kamis (02/02/2023).

Pada Rakerda yang digelar Senin (29/01), Dandim menyampaikan Peran Kodim 0605/Subang dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi di Kabupaten Subang.

Melalui paparannya Dandim menyampaikan Tugas pokok TNI menurut UU RI No. 34 tahun 2004 yang melandasi pelibatan TNI dalam membantu tugas Pemerintah di daerah dan upaya – upaya yang dilaksanakan Kodim Subang dalam menindaklanjuti arahan Presiden RI pada Rakernas Forkopimda se-Indonesia yang sudah dilaksanakan di Sentul Bogor.

Upaya yang dilakukan Kodim Subang dalam mengendalikan inflasi diantaranya melalui kegiatan ketahanan pangan pada lahan tidur dengan menanam jagung 100 ha, mengembangkan budidaya ikan nila dengan metode bioflok dan Kolam tanah.

Selain itu juga mengaplikasikan penggunaan pupuk organik Bios 44 DC dalam membantu Pemda mengatasi kesulitan pupuk, mengembangkan pembuatan pakan alternatif dari azzola dan maggot serta melaksanakan pelatihan bagi para pelaku UMKM yang ada di Kab. Subang dan mendorong penggunaan kompor biomassa yang hemat energi.

Terkait masalah penanggulangan terjadinya bencana alam, Kodim Subang rutin melaksanakan latihan mitigasi bencana alam dan menyiapkan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) penanggulangan bencana. Sementara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilaksanakan melalui karya bakti dalam bentuk program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan Bakti Siliwangi Satata Sariksa (BSMSS).

Dalam hal upaya menurunkan angka stunting, Dandim menyebut bahwa pihaknya terus melaksanakan program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) dan program Jum’at Berkah Dapur Sehat Stunting (Dashat).

Di akhir penyampaiannya, Dandim berpesan kepada seluruh ASN, Anggota TNI, dan Polri dalam menghadapi tahun Politik 2023-2024 untuk tidak melakukan kegiatan politik praktis.

Sumber : (Pendam III/Siliwangi).

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button