AgamaInstitusi TNI

Dandim Bersama Keluarga Besar Kodim 0103/Aceh Utara Melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H di Lapangan Sudirman.

Aceh Utara, mitratnipolri.com :

Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar S.T.,M.M.,M.H.I., beserta Ibu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XX Dim 0103 dan Keluarga besar Kodim 0103/Aceh Utara melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H serta masyarakat bertempat di Lapangan Sudirman Korem 011/Lw, Kota Lhokseumawe, Senin (17/06/2024).

Shalat Idul Adha tahun ini dipimpin oleh Imam Ust Muhammad Jafar, S.Pdi dan yang bertindak sebagai Khatib Ust Abdul Halim Lc. LLM.

Ust Abdul Halim Lc. LLM., dalam khutbahnya menyampaikan, dengan tema “tentang Khutbatul Wada di arafah jejak permulaan hak Asasi Manusia”. Haji yang dilaksanakan oleh Nabi yang mulia itu adalah haji pertama dan ternyata merupakan haji penghabisan atau perpisahan (Haji Wada’) karena tiga bulan kemudian Allah memanggilnya.

Pesan Rasulullah pada saat itu menyerukan “Wahai manusia, Sesungguhnya darahmu (jiwamu), harta bendamu dan kehormatanmu adalah suci dan haram (dilarang diganggu), sebagaimana suci dan haramnya bulan ini (bulan haji), sampai kamu kelak menghadap Tuhan. Sungguh kamu pasti akan menemui (menghadap) Tuhan, di mana Ia pasti akan menanyakan tentang segala amal perbuatanmu”.

“Sesungguhnya riba sudah dihapuskan. Tapi kamu akan memperoleh modal saham kamu. Maka janganlah kamu berlaku zalim agar kamu pun tidak dizalimi orang”.

Dan yang terakhir Rasulullah berwasiat kepada seluruh umat Islam agar senantiasa berbuat baik, menghormati dan melindungi kaum wanita serta menjaga kemurnian garis keturunan.

Jurnalis ( Windriawan S T )
Editor ( Anto Prayoga )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button