Institusi TNI

Dandim Majalengka Irup Pada Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 di Makodim 0617/Majalengka

Majalengka – Jabar, mitratnipolri.com

Prajurit dan PNS TNI AD Kodim 0617/Majalengka melaksanakan upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tahun 2024 yang diperingati setiap tanggal 20 Mei, bertempat di Lapangan upacara Makodim setempat Jl. KH. Abdul Halim No. 403 Kelurahan Tonjong, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Senin (20/5/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Dudy Pilianto, S.Pd., M.I.P, sementara Komandan Upacara Danramil 1703/Argapura Kapten Inf Dede Kusnandi dan Perwira Upacara Pasipers Kodim 0617/Majalengka Lettu Inf Aan Samian.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tahun 2024 dengan tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”, tema ini dipilih agar Harkitnas Tahun 2024 dapat membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas.

Adapun amanat, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang dibacakan oleh Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf Dudy Pilianto, S.Pd., M.I.P, mengatakan, lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Oetomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.

Lanjut Dandim, Embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan, dari kaum muda berpendidikan yang tidak kehilangan identitas ke-Indonesiaannya. Embrio Indonesia lahir dari keragaman pikiran para “kaum muda” sebagai “embrio bangsa”. Di tangan kaum muda terdidik inilah cita-cita kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa,” ucapnya.

“Pada momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tahun 2024, dapat menginspirasi dan memotivasi generasi muda, untuk turut memajukan Bangsa dan Negara menuju Indonesia Emas 2045,” pungkas Dandim.

(Pendim_0617)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button