Institusi TNI

Danrem 064/MY Ajak Masyarakat Perlakukan Hewan Kurban Sesuai dengan Syariat Islam

Serang Banten || mitratnipolri.com :

Korem 064/Maulana Yusuf menggelar penyembelihan hewan kurban di Masjid Makorem 064/MY, Jalan Maulana Yusuf, Nomor 9, Kota Serang, Provinsi Banten. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan usai salat Idul Adha yang dilaksanakan di Gor Makorem 064/MY pada Senin (17/6/2024).

Dalam kesempatannya, Danrem 064/MY, Brigjen TNI Fierman Sjafirial Agustus mengatakan Idul Adha bukan hanya momentum berbagi kebahagian dengan masyarakat di sekitar tetapi juga merupakan momentum yang tepat untuk mengedukasi mengenai penyembelihan hewan qurban yang Ihsan (baik) dan sesuai dengan syariat Islam.

“Hal paling penting dalam kurban pada hari ini bukan sekedar hasil dari kurban ini akan diberikan kepada yang membutuhkan atau yang sudah haknya menerima. Ada hal lain yang penting pada hari ini akan saya sampaikan khususnya kepada prajurit Korem yaitu bagaimana kita memberikan hak hewani kepada hewan-hewan kurban,” katanya.

Untuk itu, Brigjen TNI Fierman menuturkan, pihaknya sengaja menggandeng Juru Sembelih Halal (Juleha) untuk mengedukasi proses penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariat di Makorem 064/MY dan dilakukan oleh orang yang memiliki kemampuan atau keahlian untuk menyembelih dengan sempurna.

“Mereka (Juleha) akan memberikan edukasi kepada kita semua yang menyaksikan bahwa ini bukanlah pembantaian tetapi memindahkan haknya yang hidup sekarang diberikan kepada manusia yang membutuhkan jadi kita hargai ini, pengorbanan yang diberikan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Danrem 064/MY menuturkan, ke depan pihaknya akan melakukan edukasi lebih lanjut terkait tata cara penyembelihan hewan kurban yang baik, benar dan sesuai ajaran Islam.

“Melalui kegiatan hari ini kami ingin memperlihatkan bagaimana memperlakukan hewan kurban yang seharusnya. Sehingga nanti bisa dilanjutkan oleh yang lain. Jadi selain kegiatan hari ini, kita adakan edukasi lebih lanjut sehingga seluruhnya bila perlu bisa melakukan bagaimana tata cara kurban,” pungkas Brigjen TNI Fierman

Jurnalis : (kaperwil Banten Abdul)

Editor. : (Taufik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button