Institusi TNI

Danrem 081/DSJ Hadiri Pemberangkatan Satgas Yonif 527/BY Dan Yonif 407/PK ke Papua

Surabaya-Jawa timur, mitratnipolri.com:

Bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf dan pejabat utama jajaran TNI di Jawa Timur, Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono mengikuti kegiatan Riksiapops dan Upacara Pemberangkatan Satgas Yonif 527/BY dan Yonif 407/PK yang akan melaksanakan tugas di Papua.

Kegiatan yang dilaksanakan di Dermaga Madura Ujung Koarmada II Surabaya dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Dalam amanatnya, Panglima TNI menegaskan bahwa, hingga saat ini Papua tetap bagian dari Indonesia. “Wilayah Papua secara de jure dan de facto telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya saat menjadi Irup di lokasi.

Secara umum, dirinya mengungkapkan, kondisi Papua saat ini relatif kondusif. Namun, di beberapa wilayah masih terjadi gangguan keamanan dari kelompok-kelompok bersenjata.

Untuk itu dikatakannya, diperlukan kehadiran TNI guna mendukung upaya pemerintah dalam percepatan pembangunan kesejahteraan di wilayah Papua, serta menjaga keamanan masyarakat Papua dari gangguan keamanan tersebut.

Mengenai tugas negara yang akan diemban oleh Satgas Yonif 407/PK dan 527/BY, Panglima TNI ingin mereka dapat melaksanakan tugas itu dengan baik dan penuh kebanggaan.

“Tugas operasi adalah suatu kehormatan dan kebanggaan bagi setiap prajurit TNI. Untuk itu laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

“Kurun waktu penugasan selama 12 bulan bukanlah tanggung jawab yang ringan. Dinamika dan ancaman di daerah operasi membutuhkan kesiapansiagaan yang terus-menerus,” lanjutnya.

Meski demikian, dirinya sangat yakin dan percaya, mereka semua mampu menjawab kepercayaan dan amanah besar tersebut.

Tampak hadir juga dalam upacara pemberangkatan itu yakni Kapolda Jatim Irjen Toni Hermanto dan berbagai Forkopimda Jatim lainnya.

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button