Institusi TNI

Edukasi Stunting Duta Generasi Berencana (GenRe) Sumedang Aktif di Sasaran Non Fisik TMMD ke-116 Th 2023

Sumedang-Jabar, mitratnipolri.com :

Salah satu tantangan pembangunan manusia Indonesia saat ini dihadapkan masalah stunting. Dimana, salah satu aktor yang berperan penting dalam pencegahan stunting dari hulu adalah para remaja yang diharapkan mampu mengkampanyekan percepatan penurunan stunting di komunitasnya.

Untuk itu, di samping pembangunan fisik, aspek pembangunan nonfisik juga menjadi sasaran penting dalam pelaksanaan program TMMD. Hal ini, guna membangun, memperkokoh jiwa nasionalisme dari berbagai ancaman dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan diri serta lingkungan.

Demikian, disampaikan Dandim 0610/ Sumedang Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti, dalam rilis tertulisnya kepada awak media, Sabtu, 13-05-2023.

Menurutnya, dilokasi TMMD duta Generasi Berencana (GenRe) dari Kabupaten Sumedang aktif memberikan edukasi stunting kepada para remaja dan warga masyarakat yang berada di wilayah desa Wanajaya.

“Duta GenRe memupuk semangat rasa kebersamaan sebagai wadah pertukaran informasi dan mengajak para remaja di wilayah desa Wanajaya untuk menghindari pernikahan usia muda sebagai salah satu upaya pencegahan stunting,” ungkapnya.

Sisi lain, sebutnya, program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda sekaligus sebagai media pengembangan kapasitas bagi remaja.

“Program Genre menjadi wadah membentuk karakter bangsa dengan mengajak generasi muda menjauhi pernikahan dini, seks pranikah, dan NAPZA untuk menjadikan remaja tangguh serta mampu berkontribusi dalam pembangunan,” tegasnya.

Dandim pun berharap, Duta GenRe dapat memberikan konseling kepada para remaja untuk memberikan pemahaman tentang bahaya stunting kepada remaja sedini mungkin dan masyarakat desa Wanajaya terkait program Bangga Kencana.

“Semoga, mereka menjadi role model yang mampu memberi informasi juga edukasi hingga mempunyai perencanaan kehidupan yang matang, termasuk untuk menekan angka stunting serta mencegah anak menjadi stunting,” tegasnya.

“Bahkan, diharapkan program GenRe yang disampaikan lebih mengena pada sasaran remaja serta dapat lebih efektif dalam mengkomunikasikan berbagai program demi mewujudkan insan dan keluarga yang lebih sejahtera,” tukasnya.

Jurnalis. : (Lingga)

Editor : (Anto Prayoga)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button