Institusi TNI

HUT ke-78, Kodam III/Slw Gelar Wayang Golek

Bandung, Jabar, mitratnipolri.com :

Kodam III/Siliwangi menggelar pertunjukan Wayang Golek dalam rangka Peringatan HUT ke-78 Kodam III/Slw di Lapangan Makodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Selasa (21/05/2024).

Pagelaran Wayang Golek mengambil lakon “Jabang Tutuka” oleh Ki Dalang Yuda Deden Kosasih Sunarya dari Balaputra Giri Harja 2 dengan bintang tamu Ohang. Pagelaran juga dapat ditonton secara streaming.

Mengawali pagelaran, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., beserta tamu undangan disuguhi kesenian Rampak Kendang dari Lingkung Seni Papag Setra Cimahi.

Pagelaran Wayang Golek yang dilaksanakan juga sebagai kegiatan “Ngamumule” dan “Ngarawat” seni budaya tradisional Urang Sunda khususnya warga masyarakat Jawa Barat.

Sebagai tanda dimulainya Pagelaran Wayang Golek, Pangdam III/Slw menyerahkan Gugunungan kepada Ki Dalang Yuda Deden Kosasih Sunarya.

Lakon “Jabang Tutuka” menceritakan tentang seorang anak yang dimasukkan dalam kawah Chandradimuka sehingga menjelma sebagai “Gatot Kaca” dan ditakdirkan untuk mengalahkan Naga Percona dengan memporak porandakan kayangan. (Pendam III/Siliwangi).

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button