Pemerintahan

Ibu Iriana Tinjau Penjual Sayuran Pencari Ibu Hamil Berisiko Tinggi

Istana Negara – Jakarta Pusat, mitratnipolri.com :

Usai menghadiri kegiatan sosialisasi peduli stunting, Ibu Iriana Joko Widodo menghampiri para pedagang sayuran serta bahan pokok lainnya yang berada di Kawasan Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, pada Selasa, (25 Juli 2023).

“Ini sedang apa?” tanya Ibu Iriana kepada Debora, kader posyandu yang berada di sana.

Adapun para penjual sayuran tersebut merupakan laskar atau para pencari ibu hamil berisiko tinggi atau sering disebut “bumil resti”. Nantinya para penjual sayuran tersebut bertugas untuk mencari ibu-ibu hamil berisiko tinggi untuk dipantau dan dilaporkan ke puskesmas.

“Kegiatan kami dari ‘bumil resti’, ini ada pemburunya memang khusus ibu-ibu hamil berisiko tinggi,” ucap Debora dalam keterangan terpisah.

Lebih lanjut, Debora menjelaskan bahwa Kabupaten Banyuwangi memang melaksanakan program Banyuwangi Tanggap Stunting dengan kader yang memiliki tugas untuk memastikan para ibu hamil dan balita dapat memperoleh sayuran dan makanan bergizi.

“Program dari Kabupaten Banyuwangi itu ada namanya BTS—Banyuwangi Tanggap Stunting, jadi tugas kami sebagai kader mendampingi ibu hamil dan balita yang stunting, memastikan sayuran atau bahan makanan tadi sampai kepada penerima dan betul-betul dimakan oleh adik-adik stunting,” kata Debora.

“Beliaunya (penjual) yang mengirimkan bahan makanannya setiap hari,” sambungnya.

Debora pun mengungkapkan bahwa Ibu Iriana memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut dan berharap dapat berlanjut hingga zero stunting.

“Respons Ibu sangat apresiasi dan mengharapkan kegiatan ini betul-betul langsung sampai anak-anak stunting di Banyuwangi zero—zero stunting,” kata Debora.

Sumber : Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Jurnalis : Ir Hendi Lotan – Dewan penasehat provinsi DKI jakarta media mitratnipolri.com
Editor : Taufik

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button