Institusi TNI

Kapok Sahli Kodam V/Brawijaya Pimpin Upacara Penutupan TMMD Ke-118 Kodim 0804/Magetan

Magetan, mitratnipolri.com :

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Kodim 0804/Magetan tahun anggaran 2023 secara resmi ditutup. Upacara penutupan dipimpin langsung oleh Kapok Sahli Kodam V/Brawijaya Brigjen TNI Totok Suhartono, S.Sos., bertempat di Bumi Perkemahan Alastuwo Desa Alastuwo, Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan , Kamis (19/10/2023).

Turut hadir pada acara ini Kapok Sahli Kodam V/Brawijaya Brigjen TNI Totok Suhartono, S.Sos., Danrem 081/Dsj Kolonel Inf H. Sugiyono, Pj Bupati Magetan Ir Hergunadi MT, Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Dani Indrajaya, S.I.P, Dandim 0805/Ngawi Letkol Arm Didik Kurniawan, S.I.P. Dandim 0802/Ponorogo Letkol Inf Hirta Juni Ardiansyah, Wakil Danlanud Iswayudi, Wakil Kapolres Magetan Kompol Arie Taufan Budiman, S.I.K., M.I.K. Wakil Kajari Magetan, Wakil Komandan Secata Rindam V/Brawijaya, Wakil PN Magetan, beserta jajaran Forkopimda. Terlihat para undangan yang hadir mengikuti upacara penutupan TTMD (TNI Manunggal Membangun Desa) dengan khidmat.
Dalam amanatnya Pangdam V/Brawijaya yang dibacakan oleh Kapok Sahli Kodam V/Brawijaya Brigjen TNI Totok Suhartono, S.Sos., menyampaikan bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa ke-118 TA 2023, merupakan Operasi Bhakti TNI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat yang dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Pemerintahan Non Kementerian, Pemerintah Daerah, Mahasiswa dan segenap lapisan masyarakat.

Tujuan dilaksanakannya TNI Manunggal Membangun Desa adalah untuk membantu Pemerintah Daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun insfrastruktur serta membuka daerah yang terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kehidupan berbangsa maupun bernegara dalam rangka kepentingan pertahanan serta tetap terpeliharanya Kemanunggalan TNI-Rakyat,” tutur Kapok Sahli Kodam V/Brawijaya.

Dengan mengambil tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”. Tema ini mengandung makna adanya sinergi antar instansi serta partisipasi masyarakat dan semua komponen bangsa secara total, untuk mewujudkan akselerasi pembangunan di wilayah demi kesejahteraan masyarakat dan terdukungnya pertahanan darat yang tangguh, untuk membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata.

Lebih lanjut Pangdam yang diwakili Kapok Sahli Kodam V/Brawijaya Brigjen TNI Totok Suhartono, S.Sos.menghimbau kepada para Dansatgas agar berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk melakukan peningkatan kualitas hasil TMMD yang memiliki nilai taktis. Terkait tentang peningkatan dan perawatan hasil TMMD agar dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu yang lama dan sebagai bagian dari tugas Binter.

Atas nama keluarga besar TNI, saya selaku Penanggung Jawab Keberhasilan Operasional TMMD (PKO TMMD) mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Bupati beserta jajarannya, instansi terkait, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pemuka agama, media massa baik lokal maupun nasional serta semua pihak yang telah bekerja sama dan membantu pelaksanaan TMMD ke 118 TA 2023 sehingga dapat berjalan tertib dan lancar sesuai tujuan yang diharapkan,” tutup Pangdam yang diwakili Kapok Sahli Kodam V/Brawijaya Brigjen TNI Totok Suhartono, S.Sos..

Danrem 081/Dsj Madiun , Kolonel Inf H. Sugiyono dalam arahannya mengungkapkan bahwa TTMD ke-118 ditempatkan di kabupaten Magetan. Tepatnya dilaksanakan di Desa Plangkrongan. “ Tentunya ini berguna juga bagi desa lainnya yang masih berkembang. Dampak dari TTMD yang bersinergi antara TNI dan masyarakat ini adalah munculnya satu kekuatan yakni gotong royong,” ungkap Kolonel Inf H. Sugiyono.

lanjutnya , Pemkab Magetan Desa Plangkrongan harus menjaga dan merawat pembangunan yang telah dilaksanakan. Program TTMD ini masih sangat dibutuhkan mengingat sebagian besar dari wilayah indonesia merupakan daerah pedesaan.

Oleh karena itu, keterlibatan TNI dalam membangun sarana, prasarana maupun insfrakstruktur wilayah masih sangat relevan dan sangat diperlukan sesuai dengan koridor undang-undang dalam berbagai sektor pembangunan dengan melaksanakan pekerjaan sasaran fisik maupun non fisik.

Masyarakat dalam sinergitas bersama TNI sangatlah hebat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan rakyat guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk pentingan pertahanan negara.

Dalam sesi wawancara, Pj. Bupati Magetan Ir Hergunadi, berpesan agar kegiatan TTMD dapat mengembangkan desa yang masih status desa berkembang bisa naik level menjadi desa maju seperti Desa Plangkrongan.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Magetan memberikan sertifikat penghargaan atas komitmen dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa ke 118 Tahun 2023 kepada Dandim 0804/Magetan Letkol. Inf. Dani Indrajaya S.I.P dan Kepala Desa Plangkrongan Wawan Setyo Budi.

Kegiatan dilanjutkan peninjauan langsung hasil akhir pembangunan rumah Ibdah dan menyapa langsung masyarakat yang menerima bantuan di lokasi TMMD di Desa Plangkrongan, Kecamatan Poncol oleh Pj. Bupati beserta rombongan.

(red/tsr/MC0804)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button