Institusi POLRI

Kapolres Majalengka : Libur Lebaran Kami Turunkan Personil di Objek Wisata

Majalengka, mitratnipolri.com :

Kepolisian Resor (Polres) Majalengka, Jawa Barat, selama libur Lebaran 2023 terus memperketat pengamanan sejumlah objek wisata untuk menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Kegiatan ini merupakan pemaparan dari Program Dinamis Presisi dan 11 Program Prioritas Bapak Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto yaitu Polisi Ada Dimana Mana.

“Kita siagakan personel di sejumlah titik rawan tindak kejahatan di setiap kawasan objek wisata yang ada di wilayah hukum Polres Majalengka,” kata Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto.

Penempatan personel selama libur Lebaran 2023 ini sebagai upaya pihak kepolisian menjaga kenyamanan masyarakat terutama para wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata baik lokal maupun dari luar Majalengka.

Menurutnya, ketika masyarakat berlibur memang perlu kenyamanan dan keamanan dan ini salah satu upaya melayani masyarakat, agar tidak menjadi sasaran kejahatan,”ungkapnya.

” Kita memastikan keamanan dan kelaikan setiap wahana wisata, untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan wisatawan,” tutur AKBP Indra Novianto.

Diketahui, di Kabupaten Majalengka ini banyak destinasi wisata yaitu di wilayah Kecamatan Argapura, Sindangwangi, Rajagaluh, Majalengka, Sukahaji dan Cikijing.

Di hari libur lebaran ini hampir semua tempat wisata diburu pengunjung dari berbagai daerah.”tuturnya.

Seperti kali ini saya mengunjungi objek wisata Cipanten, objek wisata ini banyak dikunjungi pengunjung sekitar 2.500 orang dari berbagai daerah,”ucapnya.

Kapolres Majalengka juga mengungkapkan, pada liburan lebaran tahun 2023, mobilitas masyarakat makin hari semakin meningkat dan arus lalu lintas juga semakin padat, hal ini dapat menimbulkan suatu kerawanan tersendiri, seperti rawan macet dan rawan tindak kejahatan seperti copet, jambret, curanmor, hipnotis dan peredaran uang palsu serta kejahatan lainnya,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Dalam pengamanan objek wisata ini, Kami juga berkoordinasi dengan pengelola objek wisata agar tidak terjadi kemacetan maupun kepadatan pengunjung.

“Melakukan koordinasi dengan objek wisata kalau tempat itu penuh, dilakukan rekayasa lalu lintas di lokasi objek wisata tersebut, apalagi kalau sore kita antisipasi ketika pengunjung kembali pulang, itu paling ramai,”tandasnya.

Kapolres juga mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang hendak mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang berada di wilayah hukum Polres Majalengka, agar selalu memperhatikan kondisi fisik maupun kendaraannya terlebih dahulu.

“Pastikan kondisi kendaraan berada dalam kondisi yang baik, serta jangan membawa barang-barang yang berlebihan, termasuk juga perhiasan. Karena itu bisa memancing terjadinya tindakan kriminalitas,” pungkas AKBP Indra Novianto.

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button