Institusi TNI

Kejuaraan Pencak Silat Terbuka Piala Kasad 2023 Resmi Ditutup

Bandung – Jawa Barat, mitratnipolri.com :

Kadisjasad Brigjen TNI Aminudin, S.I.P., mewakili Kasad Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. menutup secara resmi laga bergengsi Open Tournament Pencak Silat Piala Kasad ke – 1 Tahun 2023 di GOR Moh. Toha Dinas Jasmani Angkatan Darat (Disjasad), Cimahi Minggu (28/05/2023).

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Adhe Hansen melalui rilis yang dikirimkan ke Sahabat Siliwangi, Senin (29/05/2023).

Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala Kasad dilaksanakan selama 3 hari terhitung sejak Jum’at (26/05) hingga Minggu (28/05).

Antusias dari tiap kontingen, suporter dan masyarakat membludak pada puncak perhelatan kejuaraan sebelum penutupan berlangsung, karena menjadi penentuan tiap kontingen untuk memperebutkan piala bergilir Kasad.

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam amanatnya yang dibacakan Kadisjasad mengatakan, selama kejuaraan pencak silat para peserta telah menunjukan kegigihan, keuletan dan semangat yang tinggi dalam berkompetisi secara sehat dan sportif sehingga seluruh rangkaian pertandingan dapat diselesaikan dengan baik, aman dan lancar.

“Selamat kepada para atlet yang berprestasi dan menjadi juara, semoga prestasi yang telah dicapai dapat dipertahankan serta menjadi motivasi bagi para atlet yang lain untuk terus mengasah kemampuannya guna meraih prestasi yang lebih baik di masa yang akan datang,” ucap Kasad.

Hasil kejuaraan Open Tournament Pencak Silat Piala Kasad ke – 1 Tahun 2023 untuk juara umum tingkat TNI/Polri berhasil dimenangkan oleh Garuda AD dengan perolehan 15 medali emas dan 1 perunggu, Juara ke 2 diraih oleh Kodam XII/Tpr dengan torehan 1 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu sedangkan juara ketiga diraih oleh Kodam Jaya dengan torehan 1 medali emas dan 1 perak.

Untuk juara umum tingkat dewasa juara pertama diraih oleh Pelatda DKI Jakarta dengan torehan 6 medali emas, 7 perak dan 3 perunggu. Juara kedua diraih oleh PAL Kota Bandung dengan torehan 6 medali emas dan 5 perunggu sedangkan juara ketiga berhasil diraih oleh Kontingen Kodam V/Brw dengan torehan 2 medali emas dan 4 perunggu.

Untuk juara umum tingkat SMA/SMK sederajat juara pertama diraih oleh Persaudaraan Setia Hati Terate – Pusat dengan torehan 11 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu, juara kedua diraih oleh Laskar Panglipur dengan torehan 3 medali emas dan 2 perak sedangkan juara ketiga diraih oleh kontingen Kodam V/Brw dengan torehan 2 medali emas, 2 perak dan 4 perunggu.

Juara umum tingkat SMP sederajat juara pertama berhasil diraih oleh Tadjimalela KPAD Gegerkalong dengan torehan 17 emas emas dan 5 perak, juara kedua berhasil diraih oleh Laskar Panglipur dengan torehan 14 medali emas dan 3 perak sedangkan juara ketiga diraih oleh Perisai Diri Kota Cimahi dengan torehan 10 medali emas dan 15 perak.

Untuk juara umum tingkat SD sederajat juara pertama diraih oleh Perisai Pelopor Diri dengan torehan 33 medali emas dan 19 perak, juara kedua diraih oleh Tadjimalela KPAD Gegerkalong dengan torehan 22 medali emas dan 24 perak sedangkan juara ketiga diraih oleh Ciung Wanara Kijang Cakti dengan torehan 18 medali emas dan 15 perak.

Pada kesempatan itu, Irdam III/Slw Brigjen TNI Dadang Arif Abdurahman S.E, M.Si., turut hadir mewakili Pangdam III/Slw pada penutupan Open Tournament Pencak Silat Piala Kasad ke – 1 Tahun 2023.

Diakhir acara, Kadisjasad mengatakan kepada awak media bahwa kegiatan tersebut merupakan tolok ukur kedepan untuk dijadikan event tahunan, karena pencak silat merupakan salah satu warisan budaya nusantara yang mendunia.

“Kami berharap atlet pencak silat juga dapat membawa prestasinya di tingkat nasional bahkan sampai ke tingkat internasional,” pungkas Kadisjasad.

(Pendam III/Siliwangi)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button