Institusi TNI

Kemeriahan Resepsi Diplomatik TNI AL dan KBRI Roma Peringati HUT TNI di Cyprus

Jakarta, mitratnipolri.com :

Jalesveva Jayamahe

Satuan Tugas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-N UNIFIL unsur TNI AL KRI Frans Kaisiepo-368 bekerjasama dengan KBRI Roma menggelar resepsi diplomatik perdana dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI, saat melaksanakan port visit di Limassol, Cyprus. Penampilan keelokan budaya Indonesia dan sajian kelezatan kuliner nusantara oleh prajurit Satgas berhasil mengundang perasaan kagum seluruh tamu undangan yang hadir, Sabtu (7/10).

“Kegiatan ini merupakan langkah maju dalam diplomasi karena baru kali pertama digelar dan dilaksanakan saat mengemban misi perdamaian PBB”, terang Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N UNIFIL, Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh dalam sambutannya.

Senada dengan itu, Atase Pertahanan RI untuk Italia, Kolonel Laut (P) Amminudin Albek dalam sambutannya menggarisbawahi pentingnya peningkatan kerja sama Indonesia dengan Cyprus khususnya pada aspek pertahanan laut, dan kerjasama tersebut sudah terjalin sejak tahun 1987.

Keberhasilan serta kemeriahan acara juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya Commander Navy Command Cyprus, Commodore Constantinos. Dirinya menyatakan bahwa acara ini sebagai resepsi diplomatik terbaik dan paling berkesan yang pernah dihadirinya.

Dalam resepsi ini turut hadir sejumlah pejabat penting diantaranya pejabat pemerintah dan militer Cyprus, para atase pertahanan, perwakilan United Nations Peacekeeping Force in Cyprus termasuk personel POLRI pada misi tersebut, NSE Jerman, KBRI Roma, serta para dispora Indonesia di Cyprus.

Sebelumnya, jelang pelaksanaan resepsi diplomatik juga dilaksanakan pembinaan Warga Negara Indonesia yang bertujuan untuk membangun semangat nasionalisme dan cinta tanah air, serta menyosialisasikan program pemerintah terkait penyelenggaraan pemilihan umum di luar negeri. Seluruh WNI yang hadir mengikuti acara dengan penuh antusias dan mengharapkan kegiatan serupa dapat lebih sering dilaksanakan.

Ditempat terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang sedang menjalankan misi perdamaian dan diplomasi TNI AL untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan.

“Tidak semua prajurit berkesempatan untuk bertugas di misi internasional. Teruslah berikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diemban, serta senantiasa menjaga nama baik TNI AL, TNI, bangsa, dan negara”, pesan Kasal.

Demikian berita Dinas Penerangan Angakatan Laut.

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button