Institusi TNI

Kodam III/Slw Peringati Hari Lahir Pancasila

Bandung, Jabar, mitratnipolri.com :

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Aminudin mewakili Pangdam III/Slw Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., menjadi Irup pada Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Lapangan Upacara Makodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Sabtu (01/06/2024).

Dengan Tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, upacara diikuti oleh para Prajurit dan PNS Kodam III/Slw. Hal itu menegaskan tentang nilai Pancasila yang mesti terus digelorakan oleh seluruh anak bangsa dimanapun berada.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Yudian Wahyudi dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam III/Slw menyampaikan bahwa Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan RI pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Pancasila menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Membumikan Pancasila perlu dilakukan dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” ucap Kepala BPIP.

Hadir pada upacara Irdam III/Slw, Wadanrindam III/Slw, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Dansat/Kabalakdam III/Slw, Pa Lo TNI AL dan TNI AU, para Pamen Ahli Kodam III/Slw, Irutben dan Irutum Itdam III/Slw, Danyonkav 4/KC, Danyonarhanud 3/YBY, Danyonarmed 4/Parahyangan dan Dankikav 4/THC. (Pendam III/Siliwangi).

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button