Institusi TNI

Kodim 0613/Ciamis Beserta Jajaran Koramil Secara Serentak Melakukan Pembersihan di Sepanjang Aliran Sungai Dan Parit Untuk Antisipasi Terjadinya Banjir

Ciamis – Jabar, mitratnipolri.com :

Guna mencegah terjadinya banjir dan longsor di musim hujan ini, prajurit TNI AD dari Kodim 0613/Ciamis dan jajaran turun tangan membantu pemerintah daerah.

Salah satu langkah dilakukan jajaran Kodim 0613 /Ciamis adalah dengan melakukan pembersihan sungai, parit selokan dan pasar yang dilakukan secara serentak Koramil di Wilayah Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

Komandan Kodim 0613/Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi,S.I.P,M.I,Pol., mengatakan, operasi bersih-bersih sungai dan pasar yang dilakukan jajaran Kodim 0613/Ciamis bertujuan untuk mengantisipasi terjadi banjir dan longsor serta terhindar dari Penyakit Menular pada musim penghujan.

“Kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya preventif dalam mengantisipasi bencana banjir dan longsor, seiring dengan datang dan tingginya intensitas musim hujan pada periode bulan Desember 2023 sampai dengan Februari 2024,” kata pria yang akrab disapa Wahyu AR, Senin,(4/12/2023).

Dandim menyebut banjir terjadi karena banyaknya tumpukan sampah di aliran sungai. Untuk itulah, anggota TNI dan masyarakat sampai masuk ke selokan untuk menyingkirkan sampah yang menumpuk.

“Ini juga merupakan wujud dalam melaksanakan perintah pimpinan untuk peduli terhadap lingkungan dan cegah dini potensi terjadinya banjir longsor dan penyakit menular saat musim penghujan,” ungkap Wahyu.

Ia menjelaskan kebanyakan sampah yang diangkut didominasi sampah rumah tangga dan sampah plastik yang dibuang ke sungai oleh oknum tidak bertanggungjawab.

“Saat ini kepedulian warga terhadap bahaya sampah dinilai masih minim. Ini terbukti saat kami memungut sampah di sepanjang sungai maupun selokan, masih banyak jenis sampah plastik yang diduga dibuang oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” ujar Wahyu

Untuk itu, Dandim mengimbau agar masyarakat lebih sadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Sebab bencana banjir akan mengancam warga jika sungai menjadi tempat pembuangan sampah.

“Peduli dengan lingkungan berati kita sudah peduli dengan generasi kita di masa depan, apa yang sudah kita perbuat akan menjadi catatan amal dan kebaikan yang akan dibalas kebaikan pula kemudian hari oleh Allah SWT. Sayangi diri kita, sayangi lingkungan kita,” kata Letkol Inf Wahyu AR. (Pendim 0613/Ciamis)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button