PemerintahanPrestasi

Kolaborasi Firsts Union Lebanon dan PPWI Berikan Penghargaan Internasional kepada Bupati Konawe

Jakarta – Firsts Union Association yang berpusat di Lebanon memberikan penghargaan “International Certificate of Excellence and Recognition” kepada Pj. Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, S.E., M.M. bertempat di Ballroom Hotel Redtop Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin, 29 April 2024. Penghargaan internasional yang diberikan berkolaborasi dengan Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) itu merupakan apresiasi kepada Pj. Bupati Konawe atas pengabdian luar biasa dan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat Konawe selama ini.

Penghargaan internasional dimaksud diserahkan langsung oleh President of Firsts Union, Dr. Abdul Rahman Salem Dabboussi, bersama koleganya Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A., kepada Pj. Bupati Konawe, Harmin Ramba. Firsts Union dan PPWI menganugerahkan penghargaan internasional, yang di-approve oleh seluruh perwakilan PPWI di 21 negara sahabat, berdasarkan data dan informasi yang diterima kedua lembaga ini, baik dari DPC PPWI Konawe maupun masyarakat umum, tentang sosok Harmin Ramba yang humanis, dekat dengan rakyat, dan memiliki sifat sosial yang tinggi.

Kepada awak media, Wilson Lalengke mengatakan bahwa acara penyerahan penghargaan ini merupakan momen luar biasa, dapat memberikan apresiasi kepada Pj. Bupati Konawe. Pemberian penghargaan tersebut bukan tanpa alasan, beliau memiliki kedekatan dengan masyarakat dan memberikan pelayanan dengan sangat baik.

“Kami menilai Pak Bupati ini memiliki kedekatan dengan masyarakat di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, dan selama menjadi Penjabat Bupati di Konawe beliau menjalankan kepemimpinan dengan baik dan tulus ikhlas dalam melayani masyarakat,” jelas Alumni PPRA-48 Lemhannas RI Tahun 2012 itu.

Dalam sambutannya, Ketum PPWI menyampaikan bahwa penghargaan yang didedikasikan oleh Konsorsium PPWI dan Firsts Union mungkin tidak seberapa nilainya dibanding penghargaan-penghargaan yang selama ini telah diterima Pj. Bupati Konawe. Namun demikian, ini adalah bentuk penghargaan dan apresiasi yang tulus organisasi PPWI dan Firsts Union Association dari Lebanon kepada seorang tokoh pejabat publik yang telah menunjukkan kinerja yang amat baik bagi masyarakatnya. Wilson Lalengke berharap apa yang dilakukan bersama ini diridhoi Allah SWT, menjadi inspirasi dan motivasi bagi Pj. Bupati Konawe untuk mewujudkan harapan masyarakat ke depannya.

“Sehingga, dengan apresiasi yang kita berikan akan terus menjadi dorongan motivasi kepada Pj. Bupati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta semakin meningkatkan kinerja pemerintahan menjadikan Kabupaten Konawe menjadi lebih baik lagi,” ujar lulusan pasca sarjana dari tiga universitas bergensi di Eropa ini sambil menambahkan bahwa pelayanan yang baik kepada masyarakat adalah salah satu bentuk keberhasilan kepemimpinan dari pejabat sebuah daerah.

Sementara itu, Pj. Bupati Konawe Hhmin Ramba dalam pidatonya mengatakan bahwa dirinya sangat terharu dan senang menerima penghargaan dari Firsts Union Lebanon dan PPWI. Tokoh putra asli Konawe itu menilai bahwa penghargaan ini merupakan cerminan pencapaian terbaiknya dalam pelaksanaan tugas, baik sebagai ASN maupun Pj. Bupati Konawe.

“Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas pemberian penghargaan internasional ini, bagi saya ini merupakan penghargaan internasional yang pertama, beberapa hari yang lalu saya juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri atas keberhasilan kinerja saya dalam menjalankan pemerintahan di Kabupaten Konawe,” ungkap Pj. Bupati Harmin Ramba.

Dengan pemberian sertifikat penghargaaan internasional ini, tambahnya, semakin memotivasi dirinya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Konawe. “Penghargaan ini memberikan semangat buat saya dan rekan-rekan di Pemerintahan Kabupaten Konawe untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat,“ kata Harmin Ramba.

Masih menurut Pj. Bupati Konawe, wartawan merupakan unsur yang mempengaruhi maju tidaknya suatu daerah. “Wartawan dapat mengangkat suatu wilayah menjadi lebih maju dan lebih baik, di tangan wartawan program-program yang telah berjalan dapat dipublikasikan ke publik,” ungkapnya sambil menegaskan bahwa pihaknya sangat terbuka kepada jajaran wartawan, termasuk dalam hal melakukan kerjasama kemitraan membangun Konawe yang diproyeksikan menjadi Wonua Mbae alias Kota Padi.

Di saat yang sama, Divisi Hukum PPWI Nasional, Advokat Dolfie Rompas, S.Sos, S.H., M.H., menyampaikan pendapatnya bahwa kegiatan tersebut merupakan hal yang sangat baik, memberikan apresiasi kepada Pj. Bupati Konawe setelah melalui suatu penilaian dari Firsts Union dan PPWI atas performance-nya dalam menjalankan Pemerintahan Kabupaten Konawe, khususnya di bidang pelayanan masyarakat. Kinerja yang baik tersebut sangat baik untuk kesejahteraan masyarakat, dan diharapkan adanya kerjasama Pemda Konawe dengan PPWI tetap berjalan sehingga program-program dan kebijakan Pemerintah Konawe dapat disampaikan ke masyarakat.

“Itu penting, karena apa yang dilakukan Pemerintah atau Bupati tentunya perlu diinformasikan kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui program apa saja yang sudah dijalankan,” tutup Dolfie Rompas.

Acara penyerahan penghargaan International Certificate of Excellence and Recognition yang diawali dengan persembahan tarian dari Putri PPWI 2022, Miss Hani Fiona Citra Dewi, ini berlangsung lancar, hikmat dan sukses. Selain Ketum PPWI dan President of Firsts Union Association, hadir juga Putri PPWI 2014 yang kini merupakan Miss Asia Indonesia 2023, Khalisa Putri, sejumlah pengurus PPWI Nasional, pengurus DPC PPWI Karawang, dan anggota PPWI se Jabodetabek. Tidak ketinggalan, pengurus DPC PPWI Konawe dan jajaran Pemerintahan Kabupaten Konawe juga terlihat hadir memenuhi ruangan tempat acara berlangsung. (TIM/Red)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button