Institusi TNI

Koramil 1702 Maja Bangkitkan Semangat Bela Negara Melalui Saka Wira Kartika

MAJALENGKA, mitratnipolri.com- Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam rangka meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

Hal tersebut direalisasikan oleh Koramil 1702 Maja Kodim 0617 Majalengka dengan mengenalkan Saka Wira Kartika kepada Siswa siswi SMPN 1 Maja Kecamatan Maja Majalengka, Jumat (03/02/2023)

Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Danang Biantoro melalui Danramil 1702 Maja Kapten Inf Sarna pada saat pembukaan kegiatan tersebut mengatakan masuknya budaya barat saat ini susah untuk dicegah.

“Budaya barat sekarang sudah mulai jadi tren di kalangan anak-anak, kemudahan akses internet melalui Handphone, membuat generasi muda mulai terpengaruh budaya tersebut.”

“Apabila hal tersebut dibiarkan akan membuat nilai-nilai luhur budaya bangsa lambat laun mulai terkikis bahkan hilang.”

Lebih lanjut Kapten Inf Sarna menjelaskan dengan pengenalan Saka Wira Kartika kepada anak-anak diharapkan dapat membendung mereka terpengaruh budaya barat.

“Kegiatan Saka Wira Kartika didalamnya diisi dengan materi yang dapat membangkitkan semangat bela negara.”

“Dengan semangat bela negara, akan tumbuh kesadaran rasa cinta, rela berkorban demi bangsa dan negara serta tidak mudah terpengaruh dengan budaya asing.”(*)

(herfir)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button