Institusi TNI

Korem 064/MY Adakan Syukuran HUT ke-58 dan Kodam III/Siliwangi ke-78

Serang Banten, mitratnipolri.com

Komando Resor Militer (Korem) 064/Maulana Yusuf menggelar syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kodam III/Siliwangi dan HUT ke-58 Korem 064/MY pada Selasa (21/5/2024).

Kegiatan yang dihadiri oleh unsur Forkopimda Banten, unsur Forkopimda Kota dan Kabupaten Serang, para kepala instansi vertikal, para akademisi, para tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan perusahaan dan BUMN, serta awak media tersebut dilaksanakan di GOR Maulana Yusuf, Makorem 064/MY. Kegiatan syukuran ini juga dilakukan secara terpusat melalui video conference dari Makodam III/Siliwangi.

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Mohammad Fadjar dalam sambutannya mengungkapkan tema yang diangkat di usia ke-78 adalah militan dalam pertempuran, terdepan dalam pembangunan. Menurutnya, Tema tersebut diambil tidak terlepas dari tugas pokok TNI.

“Kalau operasi militer kita laksanakan di daerah rawan, kami di basis kewilayahan melaksanakan tugas untuk mendukung pemerintah, melakukan percepatan. Sehingga Jawa Barat dan Banten bisa cepat dalam pembangunan, dan masyarakatnya bisa mencapai kesejahteraan,” jelas Mayjen TNI Fadjar.

Ia menyadari, nama besar Kodam III/Siliwangi diukur dengan darah, keringat dan dengan air mata dan perjalanan panjang Kodam III/Siliwangi adalah bagian dari perjalanan hidupnya dan para prajurit Kodam III/Siliwangi.

Oleh karena itu kami secara tulus mengucapkan terima kasih kepada para sesepuh, veteran, purnawirawan, tokoh masyarakat, instansi pemerintah dan semua pihak yang telah membantu dalam pencapaian tugas dan memohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang tepat dalam pelaksanaan tugas,” ucap Pangdam III/Siliwangi.

Mayjen TNI Fadjar juga memohon doa restu dari semua pihak agar keluarga besar Kodam III/Siliwangi diberikan kemudahan untuk menjadi sekeseler sejati yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif.

Kami berjanji memberikan terbaik kepada bangsa dan negara dalam langkah perjalanan kami. Kami siap berkolaborasi, berintegrasi, dan bersinergi dengan semua unsur. Dirgahayu Kodam III/Siliwangi, pantang menyerah, tetap semangat dan selalu gembira dalam tugas,” jelasnya.

Sedangkan Danrem 064/MY, Brigjen TNI Fierman Sjafirial Agustus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan perusahaan, pimpinan, instansi vertikal dan seluruh tamu undangan yang telah hadir dalam syukuran HUT Kodam III/Siliwangi ke-78 dan HUT Korem 064/MY ke-58.

Di momen ini, Brigjen TNI Fierman menuturkan sebagai satuan yang membawahi empat Kodim yakni Kodim 0601/Pandeglang, Kodim 0602/Serang, Kodim 0603/Lebak dan Kodim 0623/Cilegon pihaknya memiliki visi ke depan dalam melaksanakan pembinaan teritorial.

“Perjalanan kami sebagai Danrem 064/MY ini kurang lebih 6 bulan. Kami melihat ada gerakan kecil yang harus disatukan dan membawa lebih banyak manfaat dan berdampak pada masyarakat Banten. Gerakan itu diantaranya yakni gerakan membuat kompos, gerakan bank sampah, dan lain sebagainya,” katanya.

“Hal itu dilakukan agar masyarakat Banten bisa memories atau mengembalikan memorinya bahwa Banten dulu adalah satu komunitas yang mandiri yang sudah berdiri sejak tahun 1526 dan memiliki kejayaan yang sangat besar,” jelas Danrem 064/MY.

Lebih lanjut, Brigjen TNI Fierman berharap dengan kolaborasi yang dilakukan oleh berbagai pihak khususnya dalam penanganan sampah dapat memperkuat tatanan kehidupan.

“Kami berharap dengan berbagai program yang kami jalankan, dapat memperkuat tatanan kehidupan. Ikut menyambungkan gap-gap sistem sosial yang masih terputus untuk terus mengukir kejayaan Banten,” tukasnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengucapkan selamat atas hari jadi Kodam III/Siliwangi ke-78 dan Korem 064/MY ke-58 dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Korem 064/MY atas dedikasinya dalam menjaga stabilitas daerah.

“Kita merasakan bagaimana stabilitas daerah yang terjaga, bagaimana keamanan kita, bagaimana kita saling bersatu padu untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan diantara faktor pembentuk kesejahteraan masyarakat adalah aspek keamanan maka TNI selain juga Polri yang berada di garis depan,” ungkapnya.

Al Muktabar berharap TNI dan unsur Forkopimda lainnya tetap solid dalam melakukan pembangunan di Banten ini. “Kita akan terus berkolaborasi, kita akan terus bekerja sama dan itu sosial capital kita atau modal sosial kita. Jadi peran itu akan kita dedikasikan untuk masyarakat Banten pungkasnya.

Diketahui, kegiatan yang merupakan puncak perayaan HUT Kodam III/Siliwangi dan Korem 064/MY ini berlangsung khidmat. Selain itu juga dilakukan pemotongan tumpeng dan pemberian tali asih kepada 150 masyarakat di wilayah Korem 064/MY

Jurnalis (kaperwil Banten Abdul )

Editor. (Anto prayoga )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button