Institusi TNI

Korem 081/DSJ Gelar Sosialisasi Bahaya Narkoba Di SMAN 1 Mejayan

Madiun, mitratnipolri.com :

Sebagai sikap tegas melawan peredaran Narkoba, Korem 081/DSJ menggelar sosialisasi tentang peran serta masyarakat dalam pencegahan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba kepada para pelajar di SMAN 1 Mejayan, Kabupaten Madiun.

Selaku pemberi materi, dr. Thursia Noorsyam dari Denkesyah Madiun mengingatkan kepada pelajar di SMAN 1 Mejayan bahwa, peredaran Narkoba saat ini sudah sangat mengkhawatirkan dan menyentuh berbagai lapisan masyarakat.

“Korban penyalahgunaan Narkoba sekarang tidak pandang bulu. Baik pria dan wanita, anak-anak hingga lansia, ekonomi atas hingga bawah, pejabat sampai pengangguran, bahkan yang tidak sekolah sampai profesor,” katanya di lokasi, Kamis (16/3/2023).

Narkoba yang banyak jenisnya, diungkapnya, dibedakan menjadi 3 kelombok yakni Narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Sedangkan untuk dampaknya, dr. Thursia Noorsyam juga menjelaskan ada bermacam-macam. Mulai dari dampak Yuridis yang berupa pelanggaran terhadap hukum dan memicu terjadinya gangguan Kamtibmas, dan merusak masa depan penggunanya.

Dampak medisnya, mulai dari merusak kesehatan, gangguan fungsi otak, gangguan fungsi pernafasan, gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah, serta gangguan fungsi pencernaan. Hingga Infeksi HIV/AIDS dan Hepatitis A,B,C, bagi yang melakukan penyalahgunaan Narkoba melalui jarum suntik.

Dan tak kalah pentingnya, Narkoba pun memberikan dampak terhadap perubahan Jiwa atau psikologi. Di antaranya malas belajar, mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi, serta hilangnya keinginan untuk sekolah, kuliah dan kerja.

Selain ketiganya, Narkoba juga berdampak pada perubahan perilaku sosial penggunanya. Seperti dengan menghindari kontak mata langsung, berbohong atau manipulasi keadaan, kurang disiplin, bengong atau linglung, suka membolos, mengabaikan ibadah, minder dari aktivitas keluarga, dan sering menyendiri atau bersembunyi di kamar atau tempat-tempat tertutup.

Dengan luasnya berbagai dampak Narkoba tersebut, dr. Thursia Noorsyam mengimbau kepada para pelajar di SMAN 1 Mejayan untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba.

“Katakan tidak pada Narkoba, jangan pernah sekali-kali-kali untuk mencoba. Mari lindungi diri, keluarga dan lingkungan kita dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran Narkoba,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sosialisasi tentang peran serta masyarakat dalam pencegahan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di SMAN 1 Mejayan itu merupakan bagian dari sasaran non fisik pada kegiatan Karbak Skala Besar Mabes TNI TA 2023 di Madiun.

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button