Institusi TNI

Mewakili Dandim, Danramil 0602-16/Ciruas Dampingi Dirjen Tanaman Pangan Meninjau Lahan Pertanian

Serang Banten, mitratnipolri.com

Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang yang diwakili Komandan Koramil (Danramil) 0602-16/Ciruas Kapten Inf Afendi, mendampingi Direktorat Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia Suwandi, meninjau dan melihat langsung lahan pertanian areal persawahan serta mendengarkan keluhan para petani, bertempat di wilayah Desa Singamerta Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Rabu (22/05/2024).

Direktorat Jenderal Kementerian Pertanian, menyampaikan ucapan luar biasa karena di wilayah Kecamatan Ciruas, terdapat luas baku sawah kurang lebih seluas 2.415 (Dua Ribu Empat Ratus Lima Belas) hektar. Disini melihat langsung hamparan padi yang sudah disemai, kemudian area persawahan yang begitu luas yang sedang diolah para petani, menunjukkan pola tanam serentak.

Sesuai dengan kebijakan Menteri Pertanian untuk percepatan masa tanam padi, sehingga jarak panen ke tanam dipercepat. Semula mungkin satu bulan atau lebih, menjadi empat belas hari. Irigasi air sudah bagus, tadi kami sepakat antara ketua kelompok tani dan Kepala Dinas, akan meningkatkan IP-300 menjadi IP-400,” ungkapnya.

Lanjutnya, diperlukan mekanisme alat panen dan ketersediaan benih yang bagus, serta terkait pengendalian hama penyakit. Disini juga sudah ada yang selalu bersama para petani, yaitu Dandim 0602/Serang bersama Danramil, mengerahkan seluruh Babinsa dan penyuluh PUPT yang bergerak bersama petani, dalam rangka percepatan tanam

Sehingga akan meningkatkan produksi, kami sampaikan Menteri Pertanian sudah MOU dengan Panglima TNI. Inilah wujud Implementasi di lapangan, Danramil dan Babinsa hadir ditengah-Tengah petani

Sementara itu, Danramil 0602-16/Ciruas mengungkapkan pihaknya bersama Babinsa, akan selalu mendampingi dan mengawasi kelompok petani. Untuk memberikan pengembangan ketahanan pangan, terutama kegiatan pendampingan pompanisasi.

Sampai saat ini pendampingan pompanisasi sudah berjalan dengan baik, juga berkolaborasi bersama kelompok tani dan instansi terkait lainnya, sesuai perintah langsung dari Dandim 0602/Serang. Semoga kedepan di wilayah Kabupaten Serang, akan dapat meningkatkan ketahanan pangan,” tukasnya.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut, diantaranya Kepada Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kebupaten Serang didampingi anggota, Koordinator UPT Pertanian Kabupaten Serang, Petugas Penyuluh Lapangan Kecamatan Ciruas, Babinsa Koramil 0602-16/Ciruas dan perwakilan aparat desa serta Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Wilayah Ciruas

Jurnalis ( kaperwil Banten Abdul )

Editor. (Anto prayoga )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button