Pemerintahan

Monev Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem 2023! Kecamatan Majalengka Trendnya Turun

Majalengka,mitratnipolri.com– Kecamatan Majalengka menggelar monitoring dan evaluasi (Monev) penanggulangan kemiskinan ekstrem tahun 2023. Kamis, (7/12/23).

Camat Majalengka, Supartyningsih, S.IP., M.A.P., mengatakan bahwa gelaran ini merupakan kegiatan yang telah terjadwalkan dilaksanakan oleh Bupati dan Wakil Bupati Majalengka.

Ia juga menyebutkan agenda monitoring dan evaluasi penanggulangan kemiskinan ini, digelar di 26 kecamatan se-kabupaten Majalengka.

Dalam kesempatan ini juga, kata Camat, sekaligus bertepatan dengan penyaluran bantuan beras yang hari ini secara serentak di Kecamatan Majalengka akan disalurkan.

“Selain itu, dalam kesempatan ini disampaikan juga berbagai bantuan yang disalurkan kemarin melalui Dinas Sosial berupa kartu Indonesia sehat dan juga ada bantuan alat disabilitas,” ungkapnya.

Yang paling utama, sambungnya, adalah dilaksanakannya penandatanganan berita acara hasil verifikasi kemiskinan ekstrem di Kecamatan Majalengka.

“Jadi beberapa bulan kebelakang, kita sudah melaksanakan validasi dan verifikasi data kemiskinan ekstrem,” kata Camat.

Karena, masih kata Camat, sebelumnya kita mendapatkan data mentah dari Bappedalitbang.

Sehingga, lanjutnya, kami perlu memvalidasi kembali untuk mengecek langsung, apakah betul di lapangan itu nama yang tercantum emang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem.

Untuk hasilnya sendiri, dikatakan Suparty, bahwa kemiskinan di Kecamatan Majalengka cenderung mengalami penurunan.

“Hasil verifikasi sendiri berdasarkan data yang terakhir kami terima dari 10 kelurahan dan 4 desa yang sudah melakukan validasi, verifikasi itu hampir 95 persen trendnya turun,” terangnya.

Terakhir, Supartyningsih berpesan kepada pendamping desa dan kelurahan, ketika ada program bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah untuk menanggulangi kemiskinan, harus bisa memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran.

Hadir dalam gelaran tersebut Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., dinas terkait serta ratusan warga yang akan menerima bantuan cadangan pangan berupa beras. (herfir)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button