Institusi TNI

Pelaksanaan Upacara Bendera Merah Putih 17-an Kasdim 1603/Sikka, Bacakan Amanat Pangdam IX/Udayana.

NTT-SIKKA, mitratnipolri.com :

Pelaksanaan Kegiatan Upacara Bendera Merah Putih 17-an Di Makodim 1603/Sikka yang bertempat di Lapangan Apel Makodim 1603/Sikka Jln. Jendral Sudirman, Kel. Waioti, Kec. Alok Timur, Kab.Sikka. Jumat 17/03/2023.

Kegiatan Upacara Bendera Merah Putih 17-an Di Makodim 1603/Sikka,YangcDi Pimpin Langsung Oleh Kasdim 1603/Sikka, Kapten Inf Ida Bagus Wiriyawan.

Adapun Amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, SE., MM, yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Kasdim 1603/Sikka Kapten Inf Ida Bagus Wiriyawan, “Terus saya sampaikan, bulan Maret ini merupakan akhir triwulan I program kerja dan anggaran tahun 2023. Berkaitan dengan hal tersebut, saya menginstruksikan kepada para Dan/KA Satker di jajaran Kodam IX/Udayana, Seluruh anggota agar selalu peka, waspada dan tingkatkan kesiapsiagaan terhadap segala permasalahan serta perkembangan situasi ipoleksosbudhankam di wilayah guna deteksi dini dan cegah dini setiap kemungkinan ancaman menjelang bulan suci Ramadan, hari raya Nyepi, dan menghadapi pemilu 2024.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa tahun 2024 mendatang bangsa Indonesia akan melaksanakan pemilu serentak, di mana tahapannya sudah dimulai sejak tahun 2023. Sehubungan hal tersebut, saya menegaskan kembali bahwa komitmen TNI dalam pilkada sudah jelas yaitu bersikap netral, sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Dengan bersikap netral dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis, berarti TNI lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara dibandingkan kepentingan kelompok atau golongan.

Selain itu Kasdim Memnyampaikan Amanat Bapak Pangdam IX/Udayana harus Pandai bermedia sosial, dan merupakan salah satu bagian penting bagi partai politik untuk memberikan informasi ke publik. Dan Jangan mudah percaya terhadap berita (hoax) yang belum tentu kebenarannya. Kita harus pandai memilah dan memilih berita yang positif serta bermanfaat.

Pada awal bulan Mei kita kembali akan menghadapi even internasional, yaitu Asean Summit yang berlangsung di labuan bajo Kabupaten Manggarai. segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan tersebut harus dipersiapkan dengan maksimal, baik kesiapan personil, materiil maupun sarana pendukung lainnya agar seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Selanjutnya, mengenai berbagai bentuk latihan yang dilaksanakan di satuan, salah satunya seperti latihan jasmani harus dilaksanakan secara terukur dan berkesinambungan diperlukan kreativitas dan inovasi Komandan satuan dalam pembinaan fisik sehingga berdampak pada kesiapan prajurit untuk melaksanakan tugas dan peningkatan profesionalisme.

Tahun ini, Kodam IX/Udayana memfokuskan program Bidang Teritorial berupa miniatur program Binter Unggulan TNI AD yaitu Praja Raksaka Peduli Rakyat yang rencananya akan dilaksanakan di Desa Sumili, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa tenggara Timur. Dalam program Binter ini terdapat tujuh program unggulan akan diwujudkan, yang diharapkan bisa menjawab permasalahan secara terintegrasi. program yang dimaksud yaitu : TNI AD Manunggal Air, Ketahanan Pangan, Penanganan Stunting, Babinsa Masuk Dapur, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH) dan Program Kampung Pancasila serta Penerapan Aplikasi E-Praja Raksaka.

Dan tidak lupa Saya tegaskan kembali kepada seluruh anggota Kodam IX/Udayana bahwa dalam penerimaan prajurit TNI Kodam IX/Udayana semuanya gratis, tidak dipungut biaya apapun hindari segala bentuk pelanggaran hukum seperti percaloan yang tidak hanya merugikan korban, tetapi juga anggota yang melakukan akan ditindak tegas. bagi putra/putri anggota yang akan mengikuti seleksi penerimaan prajurit agar memperhatikan betul kondisi kesehatan dan fisiknya sehingga hasil yang diraih sesuai dengan harapan.

Sebelum mengakhiri amanat ini, Saya berharap kepada Masing-masing Dansat agar optimalkan jam komandan guna meminimalisir terjadinya pelanggaran di satuan dan laporkan apabila ditemukan hal menonjol kepada pimpinan pada kesempatan pertama.

Sumber : (PENDIM 1603/SIKKA)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button