Ekonomi dan Pembangunan

Pelaku UMKM Di Majalengka Kembali Tersenyum Penuh Harap

Majalengka, mitratnipolri.com :

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di wilayah Koramil 1704 Talaga dan Koramil 1705 Cikijing bisa tersenyum penuh harap.

Semenjak pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi global melanda, pelaku UMKM terkena imbasnya, besarnya biaya produksi yang harus dikeluarkan tidak sebanding dengan penghasilan yang didapatkan.

Kodim 0617 Majalengka melalui Primkop Kartika Sindangkasih yang hadir ditengah pelaku UMKM mencoba memberikan asa kepada mereka dengan memberi solusi guna menekan biaya produksi.

Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Danang Biantoro melalui Ketua Primkop Kartika Sindangkasih Kodim 0617 Majalengka Kapten Inf Mastam mengatakan kehadiran mereka disini untuk memperkenalkan kompor Biomass. Selasa (14/03/2023)

“Dengan menggunakan bahan bakar palet serpihan kayu gergaji yang sudah dipadatkan, kompor biomass sangatlah murah dan ramah lingkungan.”

“Penggunaan kompor ini akan sangat menguntungkan pelaku UMKM, karena akan mengurangi biaya produksi”

Kapten Inf Mastam lebih lanjut menjelaskan ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh dengan penggunaan kompor biomass.

“Ramah lingkungan, karena bahan bakar yang digunakan menggunakan bahan bakar palet kayu atau bahan bakar biomass lainnya dan tidak mengandalkan bahan bakar gas. Kompor bio masa dapat menghasilkan api diatas 700 derajat celcius”

“Penghematan biaya bahan bakar, perbandingan penghematan biaya antara kompor biomass menggunakan bahan bakar biomass adalah 3x lebih hemat dibanding menggunakan gas atau minyak tanah”

“Kompor multifungsi, karena kompor biomass dapat menghasilkan tenaga listrik untuk penerangan dengan lampu LED dan dapat digunakan untuk charging telepon selular”. (*)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button