Pemerintahan

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah BPD Desa Depok Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon

Kab.Cirebon, Jabar, mitratnipolri.com :

Desa merupakan lapisan pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Hampir segala aspek menunjukkan peran dan keberadaan desa dalam konstelasi pemerintahan.

Sistem dan mekanisme penyelenggaraan Pemerintahan Daerah tergantung dan ditentukan oleh Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai bagian dari Pemerintah Daerah.

Struktur kelembagaan dan mekanisme kerja di semua tingkatan Pemerintah, khususnya Pemerintahan Desa harus diarahkan untuk dapat menciptakan pemerintahan yang peka terhadap perkembangan dan perubahan di lingkungannya.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga pertama yang berperan sebagai lembaga penyalur aspirasi masyarakat di tingkat Desa. BPD mempunyai masa kerja selama 6 (enam) Tahun, sehingga dilakukan pemilihan anggota baru yang dilakukan secara demokratis.

Dalam acara pelantikan BPD Desa Depok yang di gelar yakni bertempat di kantor balai Desa Depok pada hari Rabu, 24/5/2023 yang di hadiri oleh unsur forkopimcam serta elemen masyarakat yang ada di Desa Depok.

Desa Depok merupakan salah satu desa yang telah melakukan pemilihan langsung Anggota BPD masa keanggotaan Tahun 2023-2029 yang diambil sumpah dan janjinya secara langsung oleh Camat Depok
Dan dalam pembacaan sumpah tersebut di tirukan oleh anggota BPD Desa Depok. Adapun anggota BPD yang di ambil sumpahnya yakni di antaranya :

1.Hendi permana 2.Geger susanto 3.Sugandi 4.Erwin antoni 5.Sarodin 6.Sukana 7.Lailatur fateha.

Tiga fungsi utama BPD adalah membahas dan menyepakati rancangan peraturan bersama Kepala Daerah, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa. “Mengingat betapa pentingnya fungsi BPD tersebut, maka diharapkan para anggota BPD dapat senantiasa mengembangkan kompetensi dan kualitas SDMnya, sehingga dapat memperkuat fungsi kelembagaan BPD itu sendiri

Jurnalis : (Asep Suhendra)

Editor. : ( Red/Taufik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button