Agama

Pembukaan MTQ Ke-XXIII Tingkat Kabupaten Rohul Meriah, Bupati H. Sukiman Harap Melalui Lomba Seni Membaca Alquran Hasilkan Qori Berkualitas

Rokan Hulu, mitratnipolri.com :

Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXIII Tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berlangsung ramai dan meriah. Meski saat berlangsung diwarnai rintik-rintik hujan gerimis namun tidak mengurangi antusias warga, yang dipusatkan di Astaka Pematang Baih, Pasir Pengaraian, Kamis (23/2/2023).

Pembukaan MTQ ini ditandai dengan menekan tombol Sirine oleh Bupati Rohul H. Sukiman bersama Gubernur Riau yang diwakili Staf Bidang Hukum dan Kemasyarakatan Provinsi Riau Yurnalis S.Sos M.Si, Perwakilan Kanwil Kemenag Riau, Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Dandim 0313/KPR Letkol Arh. Muliyadi SIP, Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, Kajari Rohul Fajar Haryowimbuko SH MH dan Forkompinda lainnya

Turut juga dihadiri Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si, Asisten I Fhatanalia Putra S.Sos M.Si, Staf Ahli Bupati, Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos, Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman, Ketua GOW Rohul Sri Yulita, Inspektur Inspektorat Rohul H. Helfiskar SH MH, Camat dan Dewan Hakim.

Sebelumnya, Pembukaan MTQ diawali dengan Defile Kafilah dari 16 Kecamatan yang akan berkompetisi dalam menggemakan kalam Allah SWT. Kemudian Bupati Rohul H. Sukiman juga menyerahkan Piala Bergilir kepada Ketua Umum LPTQ Rohul M. Zaki S.STP M.Si untuk direbut kembali oleh peserta MTQ Ke XXIII Tahun 2023.

Bupati Rohul H. Sukiman mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov Riau, Panitia Penyelenggara dan Semua pihak yang ikut terlibat dalam mensukseskan MTQ Ke-XXIII Tahun 2023 tingkat Kabupaten Rohul.

“Walaupun rintik-rintik hujan ini suatu keberkahan Alhamdulillah Pembukaan MTQ Ke-XXIII tingkat Rohul berjalan lancar dan sukses. Malam ini kita melaksanakan pembukaan MTQ Ke XXIII Tingkat Kabupaten Rokan Hulu, perlombaan seni membaca Al Quran yang diturun kepada nabi Muhammad SAW dapat kita jadikan sebagai pedoman dan petunjuk bagi seluruh umat manusia dibumi ini khususnya di Negeri Seribu Suluk,” harapnya

Lanjut Sukiman, Ia berharap kepada Dewan Hakim dan Majelis Hakim yang telah dilantik agar amanah dan objektif dalam memberikan penilaian secara profesional. Berikan penilaian dengan sejujur-jujurnya agar dapat memberikan kesempatan kepada anak agar menghasil qori dan Qoriah yang berkualitas, dengan harapan sebagai utusan ke tingkat Provinsi Riau.

Bupati Sukiman juga menjelaskan perhelatan MTQ Ke XXIII ini juga sejalan dengan Visi Misinya dalam membentuk karakter SDM religius dan cerdas. Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM yang cerdas sehat berdasarkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa.

“Karena melalui seni membaca Alquran seperti yang dilaksanakan ini kita harus memahami membaca Alquran yang baik tentunya memahami ilmu Tajwid,” pungkasnya

Berdasarkan dari laporan Ketua Panitia MTQ Ke-XXIII Fhatanalia Putra S.Sos M.Si berharap dari pelaksanaan MTQ ini untuk mendapat Qori, Qoriah, Hafidz Hafidzah yang baik sebagai utusan Kabupaten Rohul untuk mengikuti MTQ Riau di Rengat, Indragiri Hulu.

Ia menambahkan, pelaksanaan MTQ Ke XXIII ini dilaksanakan mulai tanggal 23-27 Februari 2023. Tempat perlombaan dipusatkan di Astaka Pematang Baih, Islamic Center dan MTs untuk Cabang Kaligrafi.

“Total jumlah Peserta yang mengikuti MTQ Ke XXIII ini sebanyak 459 orang, jika dipersentasekan tingkat partisipasi mencapai 71,2 persen dari 16 Kecamatan se Rohul. Dengan 5 cabang yang diperlombakan, yakni Seni tilawah baca Al quran, Tahfidz Quran, Seni kaligrafi, Fahmil Quran dan Syarhil Qur’an,” jelas Fhatanalia.

Diakhir kegiatan, Anggota Paskibra mengibarkan Bendera LPTQ dan peletusan Kembang Api menambah kemeriahan Pembukaan MTQ Ke-XXIII Tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023.

Sumber : (MC Kominfo Hen)

Jurnalis : (Zainal AD)

Editor : (Nanang S)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button