Institusi TNI

Pengabdian Tanpa Batas Jaga Keutuhan NKRI Satgas Yonif 122/TS Pos Kaliasin Gelar Patroli Patok MM 3 A Perbatasan RI-PNG

Kab Keerom – Papua, mitratnipolri.com :

Guna memastikan Patok Batas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selalu terjaga dan aman, Satuan Tugas Pengaman perbatasan RI-PNG Sektor Utara, Yonif 122/TS, yang berada di bawah Kolakopsrem 172/PWY Pos Pos Kaliasin melaksanakan Patroli Patok MM 3 A. di wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini, tepatnya di Kampung Kibay, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua.(19/10/2023).

Hal tersebut disampaikan Danpos Kaliasin Lettu Inf Gatot Hanarto dalam keterangan tertulisnya di Keerom, Papua, Senin
Dikatakan Danpos, Patroli Patok perbatasan dilaksanakan personel Pos Satgas Pamtas Statis Yonif 122/TS Pos Kaliasin yang memiliki tanggung jawab dalam pengawasan Patok Batas Negara Republik Indonesia “Guna untuk memastikan patok batas RI-PNG MM 3A aman dan letaknya sesuai dengan titik koordinat yang telah disepakati antara kedua negara,” Jelasnya.

Lanjut Danpos menerangkan, bahwa kegiatan patroli patok batas negara ini merupakan salah satu tugas pokok dari Satgas Yonif 122/Tombak Sakti dengan tujuan menjaga perbatasan serta patok batas negara.
Meski saat patroli ada kendala dan hambatan, lanjutnya tetapi dengan semangat kuat, pasukan Pos Kaliasin Satgas Pamtas Statis Yonif 122/TS berhasil melaksanakan patroli patok dalam keadaan aman.

”Saat berada di Patok perbatasan RI-PNG, kemudian dilakukan pembersihan di sekitar patok agar mudah di temukan oleh Satgas pengganti pada saat nanti melakukan patroli patok,” kata Danpos.

Lebih lanjut dikatakan, bagi Prajurit TNI mengemban tugas termasuk pengamanan perbatasan adalah suatu kehormatan mulia dalam rangka menjaga keutuhan NKRI, “Prajurit Satgas Yonif 122/TS berkomitmen penuh akan mengabdikan seluruh jiwa raganya demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Danpos.

Adapun patroli patok batas negara tersebut Lettu Inf Gatot Hanarto bersama 15 anggotanya dan didampingi oleh perwira topografi satgas Yonif 122/TS Lettu Ctp Juhartanto menempuh jarak ±10 Km. dengan berjalan kaki selama kurang lebih satu hari dari Pos Kaliasin menuju ke patok perbatasan di Kampung Kibay , Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

“Kondisi medan dalam melaksanakan patroli kali ini bervariasi mulai sungai, hutan dan rawa-rawa membutuhkan fisik yang siap guna memastikan bahwa patok batas dalam kondisi aman tidak bergeser serta berada dikordinat sesuai data yang ada di GPS,” ungkap Danpos Lettu Inf Gatot Hanarto.

“Sepanjang perjalanan saat melintasi medan yang bervariasi dilakukan dengan kewaspadaan dan penuh hati-hati sebab keadaan alam Papua yang masih jarang terjamah sehingga kita tidak tahu bahaya yang mengancam” ujar Danpos Kaliasin.

Seperti penekanan Dansatgas Mayor Inf Diki Apriyadi, S, Hub.Int, tugas pokok Satgas Yonif 122/Tombak Sakti menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG, dengan mengedepankan bidang pengamanan dengan melaksanakan pemeriksaan jalan lintas, patroli patok dan patroli jalur perlintasan Ilegal untuk mencegah penyusupan dan penyeludupan

Otentifikasi Penerangan Satgas Yonif 122/TS

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button