Institusi TNIPendidikan

Peran Apkowil dalam Membina dan Melestarikan Lingkungan di Lingkungan Pendidikan

Langsa – Aceh, mitratnipolri.com :

Peran Aparatur Komando Kewilayahan yakni Babinsa (Bintara Pembina Desa) sangat penting untuk mendorong Aceh menuju kemajuan, perdamaian, dan kesejahteraan.

Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P. saat di konfirmasi awak media usai pelaksanaan kegiatan Penyuluhan dan Pendidikan kepada para pelajar SMP Negeri 3 Langsa oleh Babinsa Koramil 23/Langsa Timur, Sertu Darlianto di lokasi Peternakan Lele, yang bertempat di Gp. Geudubang Jawa, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Rabu (13-09-2023) menyampaikan bahwa peran Babinsa yang dapat berkontribusi dalam hal ini meliputi Pendampingan Pembangunan, Membina Hubungan dengan Masyarakat, Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban, Pengawasan Teritorial, serta Penyuluhan dan Pendidikan.

Babinsa dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang berbagai hal, termasuk pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lainnya. Ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, “ungkapnya.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 23/Langsa Timur Kodim 0104/Aceh Timur Sertu Darlianto kali ini. Ia memberikan penyuluhan kepada siswa-siswi SMP Negeri 3 Langsa tentang cara mengelola budidaya ikan Lele dengan sistem Bioflok.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, dalam kegiatan ini, Babinsa memberikan penyuluhan yang mencakup topik-topik cara pembudidayaan Lele seperti Pengertian tentang sistem budidaya ikan lele bioflok, Manfaat dan keunggulan sistem bioflok dalam budidaya ikan lele, Langkah-langkah praktis dalam memulai budidaya ikan lele dengan sistem bioflok, Pemilihan peralatan dan bahan yang diperlukan, Pemeliharaan harian dan pengelolaan sistem bioflok, serta Penanganan masalah umum dalam budidaya ikan lele bioflok.

Dengan memberikan penyuluhan kepada siswa-siswi ini, Babinsa dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka tentang teknik budidaya ikan lele yang ramah lingkungan dan berpotensi menghasilkan hasil yang baik.

Selain itu, hal ini juga dapat mempromosikan pemahaman tentang pentingnya pelestarian lingkungan dalam kegiatan pertanian dan perikanan.

Dengan berperan aktif dalam membantu masyarakat, menjaga keamanan, dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, Babinsa dapat berkontribusi positif dalam mewujudkan Aceh yang lebih maju, damai, dan sejahtera, “pungkasnya.

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button