Institusi TNI

Peringati Hari Lahir Pancasila, Danrem 062/Tn Jadikan Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa.

Garut – Jabar, mitratnipolri.com

Komandan Korem 062/Tn Kol Arh Rudi Ragil. SP, S.Sos., M.Si., memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, bertempat di lapang Upacara Makorem 062/Tn, Jl Bratayudha no. 65. Garut. Sabtu (01/06/2024).

Danrem 062/Tn selaku Inspektur Upacara membacakan Amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia , peringatan hari lahir Pancasila adalah hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan ,Bapak pendiri Bangsa ,pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 didepan sidang Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan ( BPUPK ).

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil Tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, adalah mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perberdaan suku, agama, budaya,dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yg maju, mandiri dan berdaulat.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia . Di dalam Pancasila terkandung nilai nilai toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang merajut dalam Identitas Nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini , saya mengajak komponen Bangsa dimanapun berada untuk membahu membumikan nilai nilai Pancasila ke dalam aspek kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era Globalisasi tekhnologi dan informasi sekarang ini ,” ujarnya.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja , yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat jiwa Pancasila, kita juga perlu ketauladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Danrem menambahkan , Dengan semangat Pancasila yang kuat , yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi Bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih , ditengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi , sosial ,dan politik , keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak Bangsa dengan Ideologi Pancasila sebagai Pondasi dasarnya.

Mengakhiri pidato ini, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai nilai Pancasila.Semaga nilai nilai Pancasila demi Indonesia maju ,adil dan makmur dan berwibawa di kancah dunia,” pungkas Danrem 062/Tn .

Hadir dalam upacara tersebut, Kasrem 062/Tn Letkol Inf Hamzah Budi Susanto, S.E., M.I.P., Para Dankasatbalak jajaran Korem 062/Tn, Para Kasi dan Pasi Korem 062/Tn, Para Kabalakrem 062/Tn, Para Prajurit dan PNS jajaran Korem 062/Tn.

Sumber : Penrem 062/Tn

Jurnalis : Hidayat
Editor : Anti Prayoga

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button