Institusi POLRI

Pimpin Upacara HKN, Wakapolres Melawi : Upacara Ini Merupakan Cerminan Kita Sebagai Anggota Polri Yang Selalu Menghargai Dan Menghormati Pahlawan

Melawi-Kalbar, mitratnipolri.com :

Polres Melawi Polda Kalbar melaksanakan kegiatan Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN), Kegiatan ini digelar di Lapangan Bhayangkara Mako Polres Melawi, Jumat (17/3/2023) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama Polres Melawi, para Kapolsek Jajaran, Perwira, Bintara dan PNS Polres Melawi.

Petugas Upacara Hari Kesadaran Nasional bulan Maret ini adalah Satbinmas Polres Melawi dan Satresnarkoba Polres Melawi.

Kegiatan Upacara HKN ini dipimpin oleh Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i, S.I.K., S.H., M.H diwakili oleh Wakapolres Melawi Kompol Asmadi, S.IP., M.M bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Kasat Binmas AKP Haryono bertindak sebagai Perwira Upacara dan Ipda Jefri Manurung, S.H sebagai Komandan Upacara.

Adapun petugas penggerak Bendera Merah Putih yaitu Bripka Ngadino, S.A.P, Bripda Aditya Riski dan Bripda Arik Aji Satrio. Dan pengucap Tri Brata serta pengucap Catur Prasetya yaitu Aipda Supar’am dan Bripda Muhammad Haris.

Wakapolres Melawi Kompol Asmadi sebagai Inspektur Upacara Hari Kesadaran Nasional membacakan amanat Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i.

“Upacara Bendera ini adalah cerminan kita sebagai anggota Polri untuk selalu menghargai dan menghormati para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita dan untuk meningkatkan kedisiplinan kita sebagai anggota Polri, tujuan dari upacara bulanan dalam rangka hari kesadaran nasional ini adalah salah satu upaya untuk kita meningkatkan semangat pengabdian kita sebagai Insan Bhayangkara untuk memupuk tanggung jawab, memupuk jiwa patriotisme, menanamkan kembali nilai – nilai dan semangat nasionalisme pada kita sebagai anggota Polri maupun ASN Polri, hal ini penting untuk membangun karakter dan jati diri kita sebagai anggota Polri, guna menumbuhkan sikap disiplin dan motivasi bagi peningkatan semangat pengabdian Polri yang dilandasi oleh Tri Brata dan Catur Prasetya,” jelas Kompol Asmadi.

Lanjut Kompol Asmadi, “Memasuki tahun 2023 pada tahun ini kita telah masuk dalam rangkaian tahun persiapan pemilu serentak yang akan dilaksanakan di tahun 2024, untuk itu kita wajib memberikan dukungan penuh kepada penyelenggara pemilu sesuai dengan tupoksi kita yaitu bidang keamanan sehingga dapat terciptanya situasi yang kondusif selama penyelenggaraan pemilu berlangsung,” terangnya.

“Selain dari pada pemilu, di bulan ini kita tidak lama lagi akan bertemu dengan bulan suci ramadhan yang di mana bulan tersebut merupakan bulan yang suci dan sakral bagi umat agama islam untuk menjalankan kewajibannya yaitu berpuasa, selain dari pada itu menjelang ramadhan agenda dari Polri bahwa kita akan melaksanakan operasi kewilayahan penyakit masyarakat (Pekat) dengan sasaran seluruh penyakit masyarakat seperti perjudian, minuman keras, aksi premanisme, kegiatan prostitusi dan juga narkotika/psikotropika dan barang berbahaya lainnya untuk itu saya selaku pimpinan mengimbau kepada seluruh anggota Polres Melawi baik yang terlibat operasi atau tidak terlibat operasi agar mendukung kegiatan operasi pekat sehingga Polri bisa menciptakan keamanan dan ketertiban menjelang bulan suci ramadhan,” pesannya.

Tambahnya, “Tingkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT sebagai wujud rasa syukur dan peningkatan keimanan kita sebagai umat yang beragama, tingkatkan deteksi dini dan deteksi aksi serta lapor cepat terhadap setiap perkembangan situasi dan dinamika masyarakat di Wilayah Hukum Polres Melawi. Oleh sebab itu, Tingkatkan kegiatan preemtif, preventif, dan represif guna meminimalisir meningkatnya kerawanan kriminalitas khususnya curas, curanmor, dan curat serta pelanggaran lalu lintas. Saat ini, memasuki musim penghujan waspada terhadap bencana banjir dan tanah longsor di Wilayah Hukum Polres Melawi serta berikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap bencana alam di lingkungan tempat tinggalnya. Tingkatkan terus tali silaturahmi dengan seluruh tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya yang berpotensi dapat mendukung pelaksanan tugas Polri dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Wilayah Hukum Polres Melawi,” tuntasnya.

Diakhir amanatnya, Wakapolres Melawi Kompol Asmadi mengucapkan terimakasih kepada seluruh personelnya atas terlaksananya upacara Bendera ini, Wakapolres juga mengatakan semoga Allah SWT memberikan rahmat dan barokah serta hidayah kepada kita semua.

Sumber : (Humas Polres melawi)

Jurnalis : (Sopian koto)

Editor : (Anto Prayoga)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button