Institusi POLRI

Polresta Cirebon Bahas Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya dengan Polres Sekitar

Polresta Cirebon, Jawa Barat, mitratnipolri.com :

Polresta Cirebon melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan Polres sekitar di Aula Pesat Gatra Mapolresta Cirebon, Kamis (13/4/2023). Di antaranya, Polres Cirebon Kota, Polres Indramayu, Polres Majalengka, dan Polres Brebes.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, rakor tersebut untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak terkait pengendalian arus kendaraan saat pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023.

Menurutnya, beberapa langkah dan cara bertindak dalam pengendalian arus kendaraan juga telah disepakati. Pasalnya, langkah tersebut harus diterapkan lintas Kabupaten dan Provinsi sehingga bisa langsung diterapkan di titik rawan kepadatan arus lalu lintas.

“Kami menyepakati tidak hanya penanganan di jalur tol tapi jalur arteri juga. Sehingga bisa meningkatkan koordibasi dan komunikasi seperti saat menjelang penerapan oneway karena membutuhkan waktu untuk pembersihan jalurnya,” kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Ia mengatakan, dalam rakor tersebut juga banyak berdiskusi dengan perwakilan dari Polres sekitar terkait pengalihan dan persiapan di jalur arteri nasional. Sehingga kamseltibcar lantas betul-betul dirasakan pemudik yang melintasi wilayah Ciayumajakuning.

Pihaknya mengakui rakor tersebut juga membahas pengalihan arus kendaraan pemudik berada dalam satu kendali sistem dan metode yang disepakati. Terutama saat pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023.

“Termasuk antisipasi kepadatan arus kendaraan di jalur wisata menuju wilayah Kuningan. Sehingga saat terjadi kepadatan bisa segera diantisipasi agar tidak terjadi penumpukan di jalur tersebut,” ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button