Institusi TNI

Program I’M Jagong di Aceh Timur, Dandim 0104/Atim Laksanakan Tanam Jagung Serentak

Aceh Timur, mitratnipolri.com :

Komandan Kodim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Tri Purwanto, S.I.P. bersama unsur Muspida melaksanakan tanam jagung serentak di wilayah Kabupaten Aceh Timur, Kamis (22-06-2023).

Pelaksanakan tanam perdana program I’M Jagong wilayah binaan Kodim 0104/Atim ini seluas 1 Hektare, dan dipusatkan dilahan Poktani Free Sabee, bertempat di Desa Seumanah Jaya, Kec. Ranto Peureulak, Kab. Aceh Timur yang dibuka langsung oleh Dandim 0104/Atim Letkol Inf Tri Purwanto, yang juga dihadiri oleh Pj. Bupati Aceh Timur yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik M.Chairul Radi, S.Pd., Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K., Kajari Aceh Timur yang diwakili oleh Kasi PB3R Deby Rinaldi, S.H, M.H., Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikiltura Kab. Aceh Timur Erwin Atlizar, Kepala Dinas ketahanan pangan dan penyuluhan Kab. Aceh Timur Ir. Muslim, Camat Ranto Peureulak Syahdannur, S.IP.,M.AP., Danramil 14/Rtp Kapten Inf Wagimin, Kapolsek Ranto Peureulak Ipda Ipda Andi Ananta GrilyaUtama, S.TrK., Geuchik Desa Seumanah Jaya Muhammad Sabri, dan Ketua Poktani Free Sabee Tgk. Mahyudi beserta anggota Poktani.

Dandim 0104/Atim, Letkol Inf Tri Purwanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa penanaman jagung serentak di wilayah jajaran Kodim 0104/Atim ini merupakan perwujudan program unggulan sesuai arahan Pangdam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, SIP,. MIP,.

“Ini dalam rangka mendukung ketersediaan dan meningkatkan produksi pangan bagi masyarakat di wilayah teritorial Kodim 0104/Aceh Timur, ” ungkap Dandim.

Selain itu, kata Letkol Tri Purwanto, tanam jagung serentak oleh Kodim 0104 ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional. Kehadiran TNI-AD di tengah masyarakat, salah satunya adalah membantu menyiapkan dan memperkuat ketahanan pangan.

Kebutuhan bahan pokok adalah kewajiban, karena itu pihaknya memberikan contoh kepada masyarakat, salah satunya dengan menanam jagung ini sebagai pengganti beras. Ia berharap masyarakat nantinya akan merasakan hasil produksi jagung yang dilakukan Kodim 0104/Atim.

Ia berpesan kepada seluruh anggota TNI di Kodim 0104/Atim dan jajaran Koramil agar selalu bersinergi dengan aparatur pemerintah baik Kabupaten, Kecamatan hingga tingkat desa. “Perlu sinergitas yang kuat antara TNI-AD dengan Pemda dan masyarakat sekitar agar mencapai hasil untuk kemakmuran masyarakat, “tegasnya.

Kodim 0104/Atim memanfaatkan lahan tidur yang bisa menghasilkan meski dengan menanam jagung. Tak lupa, Letkol Tri Purwanto juga mengajak seluruh anggota dan masyarakat memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong untuk lahan pertanian, ” pungkasnya.

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button