Pemerintahan

Ratusan Kepala Desa di Majalengka Dapat SK Perpanjangan Masa Jabatan, Berikut Pesan dari H. Abdul Toyib.

Majalengka – Jawa Barat, mitratnipolri.com :

Ratusan Kepala Desa di Kabupaten Majalengka telah menerima Surat Keputusan (SK) Perpanjangan Masa Jabatan selama 2 tahun pada Jumat, 7 Juni 2024 di Pendopo.

Atas SK yang telah diterima oleh ratusan Kades itu, Anggota Dewan terpilih dari Partai Golkar, H. Abdul Toyib mengucapkan selamat.

Menurut Abdul Toyib yang juga mantan Kades Ciborelang, Jatiwangi ini, perpanjangan masa jabatan tersebut merupakan hasil dari perjuangan seluruh Kepala Desa dalam proses Revisi Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

Pria yang getol menyuarakan dan selalu ikut serta ke Senayan dalam memperjuangkan RUU nomor 6 Tahun 2014 ini, berpesan kepada para Kades yang ada di Majalengka, supaya bisa memanfaatkan masa jabatan tersebut untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa.

“Tolong, saya menitipkan amanah dalam menjalankan seluruh proses kegiatan pemerintahan desa. Karena, pokok yang paling utama dari perpanjangan itu intinya adalah agar percepatan pembangunan di desa lebih tertata kembali,” ucap Abdul Toyib, Sabtu, (8/6/24) saat dihubungi awak media.

Salah satu pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Majalengka ini, berharap para Kades saling menjaga silaturahmi antar lembaga desa. Baik itu BPD, LPM, RT, RW, Karang Taruna, Posyandu, PKK dan bekerjasama dengan para mantan Kepala Desanya.

“Karena mereka juga sama-sama adalah para pejuang penggiat dalam pembangunan desa,” sambungnya.

Lagi-lagi, ia juga meminta supaya para Kades selalu kompak dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat desa.

“Saya minta kekompakan, jaga silaturahmi dan manfaatkan masa perpanjangan masa jabatan Kades ini tiada lain untuk membangun desa dan mensejahterakan masyarakat desa,”

“Ke depan, kalau ada harapan dan cita-cita untuk desa tolong kompak lalu aspirasikan dengan cara baik,” terangnya.

Abdul Toyib menegaskan bahwa semua ini bukanlah sebuah hadiah melainkan hasil dari proses perjuangan.

“Sekali lagi, ini bukan hadiah tapi ini adalah hasil dari proses sebuah perjuangan teman-teman para Kepala Desa dalam merevisi Undang-undang nomor 6 Tahun 2014, sehingga berubah menjadi Undang-undang nomor 3 Tahun 2024,” tutupnya.

Seperti diketahui, sebanyak 328 Kades dan 1.837 Anggota BPD telah menerima SK Perpanjangan Masa Jabatan. Hal itu berdasarkan UU No. 3 Tahun 2024.

Masa jabatan Kepala Desa diperpanjang menjadi 8 tahun dan hanya boleh menjabat selama 2 periode.*

Jurnalis : (herfir)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button