Semua Artikel

Ratusan Petani Semangka Jangka Buya Pijay Mengeluh HARGA ANJLOK

MEUREUDU – Aceh, mitratnipolri.com :

Ratusan petani semangka di Kecamatan Jangka Buya, Pidie Jaya (Pijay) merasa sedih dan mengeluh akibat anjloknya harga semangka dalam panen semangka kali ini”, demikian dituturkan Ahyar, salah satu petani semangka di Jangka buya kepada MMTP selasa pagi (25/7/2023).

“Alhamdulillah panen kali ini hasilnya lumayan banyak dan buahnya besar-besar, namun sayang agen penampung hanya berani membayar 2300/kg”, lanjut ahyar.

Hasil pantauan MMTP ke lokasi, para petani kurang begitu bersemangat menyambut panen raya semangka kali ini, akibat merosotnya harga.

“Puji Syukur kepada Allah, tahun ini hasil panen semangka melimpah, tidak ada serangan cacar daun seperti tahun² sebelumnya, namun harganya tidak memuaskan”, ujar Fahmi salah satu Petani Semangka lainnya di Gampong Keurisi, Kecamatan Jangka Buya, Pijay.

Ukuran rata-rata buah semangka hasil panen raya kali ini berkisar 4,0 hingga 5,5 kg per buah. dan rata-rata petani memperoleh hasil 4 ton hingga 7 ton, dalam panen kali ini.

Dalam panen-panen sebelumnya harga semangka tergolong stabil dan mencapai 3500/kg nya, bila mengambil langsung di lahan tanam, pungkas Fahmi.

Mudah-mudahan keluhan kami para petani ini bisa terdengar oleh pemerintah untuk mencarikan solusi agar harga jual semangka saat panen dapat stabil sehingga kami tidak kewalahan memikirkan pemasarannya setiap panen, seperti yang terjadi pada panen kali ini.
Demikian harapan ratusan petani semangka yg diungkapkan kepada MMTP yg turun langsung ke lokasi

Jurnalis : zulfikar – Aceh

Editor : Anto Prayoga 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button