Ekonomi dan PembangunanPemerintahan

Realisasikan Dana Desa Tahap Satu, Pemdes Bonang Gelar Hotmix Jalan

Majalengka, mitratnipolri.com- Pemerintah Desa (Pemdes) Bonang, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka realisasikan Dana Desa (DD) tahap satu dengan ‘Hotmix Jalan’.

Pekerjaan hotmix tersebut dilaksanakan pada hari ini, Senin, 6 Maret 2023.

Adapun lokasi pekerjaan hotmix itu berlokasi di Blok Tanjung, Desa Bonang.

Seperti diketahui, tujuan dari pengalokasian dana desa, diterangkan pada Pasal 19 PP 60/2014.

Yaitu, dana desa ditujukan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan.

Sehubungan dengan hal itu, penggunaan dana diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Dirincikan dalam Penjelasan Pasal 19 PP 60/2014, pada prinsipnya dana ini dialokasikan APBN untuk membiayai kewenangan yang menjadi tanggung jawab desa.

Namun, untuk mengoptimalkannya, penggunaan dana desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam konteks ini, bentuknya berupa pembangunan pelayanan dasar pendidikan, kesehatan dan infrastruktur serta pemenuhan kebutuhan pangan, sandang, dan papan.

Para pekerja tengah melaksanakan pengerjaan hotmix di Blok Tanjung, Desa Bonang, Kecamatan Panyingkiran

Sementara, pengalokasian DD tahap satu di Desa Bonang saat ini adalah membangun infrastruktur (hotmix) dengan anggaran Rp.68.613.000.-.

Kepala Desa Bonang, Cahyadi atau biasa dipanggil Ayah Didi bersyukur karena desa yang tengah dipimpinnya itu telah merealisasikan Dana Desa tahap satu.

“Alhamdulillah DD tahap 1 mulai kita realisasikan dengan penghotmixkan jalan,” ucapnya.

Atas pekerjaan hotmix tersebut, warga antusias sambut pekerjaan itu dan ucapkan terima kasih kepada pemerintahan desa setempat.

Senada dengan Kepala Desa, Gingin selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Bonang sangat bersyukur karena Pemdes Bonang telah menjalankan amanah dari masyarakat.

Menurutnya, realisasi DD tahap 1 pekerjaan hotmix ini semata-mata untuk menunjang mobilitas masyarakat setempat.

“Saya sebagai BPD, Alhamdulillah dengan realisasi hotmik di tahap ke 1 DD, pemerintah desa sudah menjalankan amanah masayrakat,” ujarnya bersyukur.

“Dengan di realisasikannya perbaikan ini untuk menunjang mobilitas warga dengan pasilitas yeng terus di perbaiki di semua aspek,” imbuhnya.

“Mudah-mudahan Bonang lebih maju,” harapnya.***

Jurnalis (herfir)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button