Semua Artikel

Saat Deklarasi HALINAR Kakanwil Kumham Sumbar Tegaskan, Begini harapan nya

Dharmasraya, mitratnipolri.com :

Kepala Lapas Kelas lll Dharmasraya, Budi Setyo Prabowo,Amd,IP, Spd,M.Hum diwakili oleh KPLP, Juwanda Metria,S. IP menghadiri acara Penanda Tanganan Deklarasi ZERO HALINAR (Handphone, Pungutan Liar, dan Penyalahgunaan Narkoba) oleh seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan HAM Sumatera Barat Padang, Rabu, (24/5/2023)

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat menunjukkan keseriusan dan bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan Lapas dan Rutan yang bebas dari peredaran Handphone, Pungli dan Narkoba (Halinar).

“Saya berharap kepada Kalapas dan Karutan dapat melaksanakan pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian (Bintorwasdal) untuk melaksanakan penertiban terhadap peredaran narkoba, pungli, penyalahgunaan handphone, ” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat,Haris Sukamto.

Apel Deklarasi Zero Halinar tersebut dipimpin oleh Kakanwil yang di hadiri Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah, seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, Pejabat Struktural Kantor Wilayah, Kalapas Kelas IIA Padang, Era Wiharto beserta para Pejabat Struktural Lapas Padang dan juga turut mengundang Ombudsman, BNNP, perwakilan Polda Sumbar, perwakilan Kajati, perwakilan Pengadilan Tinggi.

Penandatanganan oleh Satuan Kerja Pemasyarakatan di lakukan Kepala UPT Pemasyarakatan, yang di lanjutkan penandatanganan oleh Perwakilan Kapolda Sumatera Barat dan Perwakilan Kepala BNNP Sumatera Barat, kemudian oleh Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat.

Kakanwil mengingatkan kembali arahan Dirjen Pemasyarakatan terkait 3 Kunci Pemasyarakatan Maju yaitu Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan ketertiban, Berantas Peredaran Narkoba, Sinergi dengan aparat penegak hukum dan pihak terkait ditambah dengan Back To Basic Pemasyarakatan yang menjadi landasan utama dalam penyelenggaraan Pemasyarakatan menuju Pemasyarakatan Semakin Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan inovatif (PASTI).

“Jangan ada kompromi terhadap pelanggaran yang dilakukan. Siapapun yang melanggar akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saya harap seluruh pegawai melaksanakan amanah dengan jujur dan menghindari pungutan liar dan memfasilitasi peredaran handphone dan narkoba, ” ungkap Haris Sukamto.

Selanjutnya Kakanwil juga menyerahkan alat tes urine secara simbolis kepada perwakilan Kepala UPT yakni Kepala Lapas Payakumbuh, Muhammad Kameily.

Sumber :(Humas Lapas Damasraya )

Jurnalis :(Roly triandano- Erwin. Siregar).

Editor : ( Anto Prayoga ).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button