Institusi TNI

Safari Ramadan bersama Pangdam, Danrem 081/DSJ Siap Tindak Lanjuti Ini

BLITAR, mitratnipolri.com

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono menegaskan bahwa, seluruh satuan di jajarannya siap menindaklanjuti perintah dari Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay terkait aksi kepedulian menjaga kelestarian alam dan lingkungan, serta penyediaan air bersih bagi masyarakat.

“Kita siap melaksanakan apa yang menjadi perintah dari bapak Pangdam. Sejauh ini kita juga telah melakukan berbagai kegiatan, mulai dari penghijauan, pembersihan sungai dan pasar, serta membangun sumur bor di berbagai daerah yang kesulitan air bersih,” kata Danrem ditemui usai mengikuti Safari Ramadan bersama Pangdam di Yonif 511/DY, Kota Blitar, Rabu (20/3/2024).

“Untuk sumur bor, kita juga menyentuh kebutuhan air untuk pertanian yang dapat membantu para petani. Tahun ini kita juga telah rencanakan akan membangun 57 titik sumur bor untuk pertanian yang tersebar di seluruh wilayah kami,” lanjutnya.

Sebelumnya, Pangdam menyinggung program Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak tentang TNI AD bersama rakyat menyatu dengan alam untuk NKRI. Ditegaskannya, program ini penting terhadap keberlanjutan kelestarian alam dan lingkungan.

Untuk itu ia meminta agar prajuritnya dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga kelestarian alam.

“Dihadapkan dengan tugas dalam menjaga kelestarian alam, kita dapat melakukannya dengan upaya penghijauan, perawatan lahan kosong, menjaga kebersihan di lingkungan kerja, pengelolaan air bersih, dan pembersihan saluran air atau aliran sungai,” jelasnya dalam ceramahnya pada Safari Ramadan yang bertujuan untuk mendekatkan diri dengan prajurit dan Persit di jajaran Korem 081/DSJ.

Dalam ceramahnya, Pangdam juga menyoroti tentang pentingnya keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa guna menghadapi berbagai tugas dan tantangan ke depannya.

“Keimanan dan ketaqwaan adalah fondasi yang kuat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai prajurit, sehingga dapat menghadapi setiap tantangan dengan kekuatan yang berasal dari hati yang tulus,” ujarnya.

Meski pencoblosan Pemilu 2024 telah dilakukan, ia mengingatkan bahwa saat ini tahun politik masih berlangsung. Oleh karena itu, Pangdam menekankan untuk tetap menjaga netralitas dalam segala situasi politik yang berkembang.

Lebih dari itu, ia juga memerintahkan untuk tetap memelihara kesiapsiagaan satuan guna menghadapi berbagai perkembangan situasi yang terjadi pada pelaksanaan rangkaian Pemilu 2024.

Sebagai informasi, Safari Ramadan yang dilakukan diikuti oleh seluruh prajurit dan Persit di jajaran Korem 081/DSJ, baik yang hadir langsung di Yonif 511/DY maupun yang mengikuti secara virtual.

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button