Institusi POLRI

Sambangi Madrasah Ibtidaiyah, Satbinmas Polres Melawi Tanda Tangani MOU Berikut Isinya

Melawi-Kalbar, mitratnipolri.com :

Polda Kalbar – Satbinmas Polres Melawi Polda Kalbar melaksanakan kegiatan sambang dalam rangka kegiatan Binkamsa dilingkungan sekolah.

Hari ini, Selasa (21/3/2023) pagi, Dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Melawi AKP Haryono beserta anggotanya yaitu Aipda Supar’am PS. Kanit Binkamsa Satbinmas dan Bripka Ngadino, S.A.P PS. Kaurmintu Satbinmas Polres Melawi menggelar kegiatan sambang sekaligus melaksanakan koordinasi dan membuat Kesepakatan Bersama/Memorandum of understanding (MOU) dengan pihak Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Melawi.

Adapun tujuan utama dari MOU tersebut adalah menjadikan sekolah sebagai basis anti kejahatan, anti terorisme, anti narkoba dan memiliki ideologi Pancasila.

Maksud dan tujuan MOU yaitu kedua belah pihak sepakat untuk bekerjasama dalam hal pelayanan keamanan sekolah dan lingkungan secara berkala, kedua belah pihak sepakat untuk bekerjasama dalam hal melakukan pencegahan terhadap berkembangnya kelompok radikal, kelompok intoleransi dan kelompok anti Pancasila, narkoba serta hal-hal yang berkaitan dengan masalah kriminalitas.

Kewajiban pihak sekolah yaitu melaporkan tentang keamanan sekolah dan lingkungannya secara berkala kepada pihak Kepolisian Resor Melawi serta menyediakan waktu dan tempat kepada pihak Kepolisian untuk mengadakan sosialisasi dan penyuluhan tentang tata tertib berlalulintas serta hal-hal yang berkaitan dengan kamtibmas. Adapun kewajiban dari pihak Kepolisian yaitu memberikan pelayanan keamanan sekolah secara berkala kepada pihak sekolah dan memberikan penyuluhan serta sosialisasi tentang tata tertib berlalulintas serta hal-hal yang berkaitan dengan kriminalitas kepada pihak sekolah.

Kapolres Melawi AKBP Muhammad Syafi’i, S.I.K., S.H., M.H melalui Kasat Binmas Polres Melawi AKP Haryono menyampaikan “MOU ini dilaksanakan dalam rangka mempertegas komitmen Polres Melawi dan Polsek Jajaran dalam memberikan pelayanan Kepolisian kepada sekolah-sekolah di Kabupaten Melawi ini,” jelasnya.

Lanjutnya, “Dengan MOU ini juga, kami memiliki landasan hukum yang kuat dalam rangka menjalin kerjasama dengan pihak Sekolah dalam memberikan pembinaan, penyuluhan, sosialisasi dan memberikan imbauan kepada para pelajar di Kabupaten Melawi ini. Kami berharap dengan kegiatan yang rutin dan konsisten ini, dapat mencegah serta menjauhkan generasi muda khususnya para pelajar agar terhindar dari tindakan melawan hukum ataupun menjadi korban apalagi menjadi pelaku dari suatu tindak kejahatan,” terangnya.

Tambahnya, “MOU ini dibuat dan diajukan langsung oleh sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 kepada Polres Melawi, kami menyambut dengan sangat baik MOU ini serta ini menegaskan komitmen dan sumbangsih Polri dalam dunia pendidikan secara khusus di Kabupaten Melawi ini,” tuntasnya.

MOU ini ditandatangani oleh Hj. Siti Nurlaila, S. Ag., M. Pd selaku Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Melawi dan Polres Melawi di wakili oleh Kasat Binmas Polres Melawi AKP Haryono. Dalam kegiatan penandatanganan MOU ini juga di saksikan dan dihadiri oleh seluruh Dewan Guru Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Melawi.

Tujuan dilaksanakannya kerjasama dalam hal keamanan sekolah dan pencegahan terhadap berkembangnya kelompok radikal, anti Pancasila dan narkoba serta berkaitan dengan masalah kriminalitas di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Sumber : Humas Polres Melawi: ( Oktavianus)

Jurnalis: (Sopian koto )

Editor : (Anto Prayoga)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button