Institusi TNI

Sanggar Ceria Macan Leuser Mencerdaskan Anak-Anak Di Pedalaman Papua

Puncak Jaya, mitratnipolri.com :

Satgas Yonif RK 115/ML berinisiatif turut mengambil peran dalam mencerdaskan anak-anak Papua di Kampung Pruleme dengan mengaktifkan sanggar ceria ” Macan leuser ” untuk mengajarkan anak-anak yang tinggal di sekitar Pos Pruleme.

Pasiter Satgas Letda Inf Hadi Priyono menyampaikan ” Metode pengajaran di sanggar ceria Macan Leuser dilakukan dengan cara yang menyenangkan agar anak – anak menjadi antusias dan tidak cepat bosan dalam belajar ” (16/5/2023).

Anak-Anak sejumlah +_ 21 orang mendatangi Pos Pruleme untuk mengikuti kegiatan Calistung (Membaca, menulis dan berhitung) di sanggar ceria Macan Leuser. Kegiatan diawali dengan berdoa dan dilanjutkan dengan perkenalan oleh peserta belajar. Untuk memancing minat belajar anak – anak, personel satgas Yonif RK 115/ML membagikan Alat Tulis berupa Buku Tulis dan Ballpoint.

Setelah itu dilanjutkan dengan mengenalkan huruf abjad dan pelajaran berhitung (Matematika), untuk membuat anak-anak semakin antusias dalam belajar, di sela – sela pembelajaran disisipkan dengan kegiatan kuis dengan imbalan hadiah berupa gula-gula (Permen) dan alat tulis.

Tidak hanya itu, personil Pos Pruleme juga mengajarkan kepada anak-anak mengenai Ideologi Negara Indonesia, yaitu Pancasila dengan cara mengucapkan serta menghafal secara bersama sama. Kemudian mengajak anak-anak untuk berani tampil di depan untuk mengucapkan Pancasila dan akan diberi hadiah.

Sebelum berakhir nya pelajaran, Pos Pruleme juga mengadakan makan bersama dan minum susu serta diakhiri dengan berdoa.

Kegiatan belajar mengajar ini akan rutin dilaksanakan setiap hari Selasa, Jum’at dan Sabtu, sehingga anak-anak bisa lebih sering belajar bersama di Sanggar Ceria Macan Leuser dan pada akhirnya dapat mencerdaskan putera – puteri Papua disertai rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesi yang ber- ideologi kan Pancasila.

Autentikasi : Yonif RK 115/ML

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button