Institusi TNI

Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Kembali Terima Senpi Rakitan Berkat Bantuan Pelayanan Kesehatan

Sambas-KALBAR, mitratnipolri.com :

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha Kembali terima 1 (satu) pucuk Senjata Api (Senpi) rakitan jenis Lantak dari Warga Masyarakat perbatasan berkat dari anggota kesehatan Satgas Pamtas memberikan bantuan pelayanan Kesehatan (Yankes), bertempat di Dusun Aruk RT/RW 003/001, Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas.

Demikian disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha, Letnan Kolonel Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Markas Komando Taktis (Makotis) Gabma Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Minggu, 12 Februari 2023.

Dansatgas mengatakan, melalui Pembinaan teritorial (binter) yang baik dan humanis
Menjadikan Prajurit TNI satgas pamtas dengan warga perbatasan semakin erat hubungan silaturahmi dan kekeluargaan, terutama di jajaran pos-pos binaannya. Ujar Dansatgas

Kali ini Pos Gabma Sajingan dipimpin oleh Pratu Budi Utomo beserta 1 (satu) orang anggota memberikan bantuan pelayanan Kesehatan kepada warga perbatasan di dusun aruk yaitu bapak berinisial CH.

Dikatakannya, penyerahan secara sukarela senpi rakitan jenis Lantak ini setelah selesai Prajurit Kesehatan Pamtas memberikan bantuan pelayanan Kesehatan mengobati bapak CH, kemudian anggota Kesehatan memberikan arahan mengenai Kesehatan disamping itu juga memberikan pemahaman tentang bahanya senpi rakitan secara illegal.

Setelah menerima penjelasan tersebut bapak CH terbesit hatinya dan sadar akan dampak bahaya serta akibat dari kepemilikan senjata api rakitan secara illegal, merasa sudah dibantu dalam pelayanan Kesehatan yaitu sudah diberikan pengobatan terhadap dirinya selanjutnya bapak CH menyampaikan bahwa dirinya masih ada menyimpan senjata api rakitan jenis Lantak yang dahulunya biasa digunakan untuk berburu.

Selanjutnya bapak CH dengan sadar secara sukarela dan tanpa ada paksaan dari orang lain, akhirnya memberikan senpi lantak tersebut kepada Pratu Budi Utomo, selanjutnya anggota satgas pamtas melaporkannya kepada Danpos Letda Inf Rinto untuk selanjutnya diamankan sementara di Gudang senjata sebagai barang bukti.

Sumber : (Pen Satgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button