Institusi TNI

Survei Hidro-Oseanografi TNI AL, Petakan Navigasi Pelayaran Danau Toba

Jakarta, mitratnipolri.com :

Perairan Danau Toba telah dilaksanakan survei dan dipetakan oleh Pushidrosal sejak Oktober 2018 hingga Maret 2019 dengan menggunakan Multibeam Echosounder (MBES) Sea Bat T50-P (full coverage). Dari pelaksanaan hasil survei tersebut, Pushidrosal telah memproduksi Peta Navigasi Pelayaran dengan 2 (dua) nomor Peta Kertas.28 Februari 2023

Selain untuk keselamatan navigasi pelayaran juga penataan ruang ekosistem danau untuk pengembangan yang simultan dan berkelanjutan bagi seluruh sektor pemanfaat.

Salah satu perhelatan Internasional yang telah dilaksanakan di perairan Danau Toba tepatnya kurang lebih 50 m sebelah utara dari pelabuhan penyeberangan Balige pada tanggal 24 – 26 Pebruari 2023 adalah F1 Boat Race (F1-H2O) yang merupakan sebuah kompetisi balap internasional untuk perahu motor yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique (UIM) dengan kata lain Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1.

Pelaksanaan F1 Power Boat Lake Toba ini diyakinkan dengan telah diterbitkannya hasil survey Hidro-Oseanografi di perairan Danau Toba yang dilaksanakan oleh Pushidrosal dengan menghasilkan dua cetak peta. Dimana kondisi kedalaman di area penyelenggaraan F1 Power Boat Lake Toba ini bervariasi dari kedalaman 3 m hingga 40 m.

Tentunya pelaksanaan event Internasional ini tidak lepas dari kerjasama dari seluruh stakeholder terkait. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menekankan bahwa seluruh Prajurit TNI AL harus menjaga soliditas TNI dan perkokoh sinergitas dengan Polri dan Kementerian Lembaga dalam melaksanakan tugas, sehingga keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Sumber : (Dinas Penerangan Angkatan Laut)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button