Semua Artikel

Tingkatkan Minat Baca, Apical dan Tanoto Foundation Serah Terima Pojok Baca Ke Sekolah Casar di Marunda

Marunda – Cilincing – Jakarta Utara, mitratnipolri.com :

Apical Group, salah satu perusahaan pengolah minyak nabati global terkemuka, melalui PT Asianagro Agungjaya (PT AAJ), berkolaborasi dengan Tanoto Foundation (TF), organisasi filantropi independen di bidang pendidikan, menyerahterimakan Pojok Baca kepada SON Marunda 02 Pagi, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (21/06/2023).

Sarah terima fasililas Pojok Baca berupa penyiapan sarana ruang pojok baca, rak buku, meja baca dan pengadaan lebih kurang 200 buku bacaan tersebut diserahkan langsung oleh Yudhi Damri, Manager SSL & GA Apical Marunda dan Margaretha Ari Widowati , Director of Basic Education Tanoto Foundation, kepada Kepala Satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan Cilincing, H Sujaelani, M.Pd, didampingi oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri Marunda 02 Pagi, Nining Suryaningsih, M. Pd

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang pendidikan untuk sekolah-sekolah serta komunitas yang berada di wilayah yang berdekatan dengan operasional perusahaan.

Menurut Yudhi Damri, Manager SSL & GA Apical Marunda, kegiatan ini juga merupakan dukungan terhadap program Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yakni “Buku Bacaan Bermutu Untuk Literasi Indonesia”.

UKami berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah di bidang buku bacaan bermutu untuk literasi Indonesia, sebagai upaya untuk menyediakan bahan bacaan yang bermutu serla untuk mendorong tumbuhnya kecintaan membaca di kalangan pelajar sejak dini,• tambah Yudhi.

Margaretha Ari Widowali, Director of Basic Education Tanoto Foundation menjelaskan bahwa hal yang paling mempengaruhi kemampuan literasi dan numerasi siswa adalah kualitas pengajaran oleh guru di sekolah. oleh karena itu Tanoto Foundation juga sebelumnya memberikan pelatihan kepada para guru SON Marunda 02 Pagi melalui modul yang disusun oleh Tanoto Foundation untuk meningkatkan kualitas para guru. Kami berharap dengan adanya pelalihan dan Pojok Baca ini dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi pada siswa,” ungkap Margaretha.

Kepala Satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan Cilincing, H. Sujaelani, M. Pd menyambut positif penyerahan Pojok Baca dari Apical dan dukungan peningkatan literasi dan numerasi dari Tanoto Foundation.

H. Sujaelani, M. Pd mengungkapkan,”Seperti kita ketahui bahwa tingkat literasi anak­ anak di Indonesia sangat rendah akibat rendahnya kebiasaan membaca. Salah satu alasannya adalah karena masih kurang atau belum tersedianya buku bacaan yang menarik, oleh karena itu kami sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan Apical dan Tanoto Foundation yang telah menyediakan fasilitas Pojok Baca. Melalui kolaborasi ini semoga kita dapat membangun budaya gemar membaca untuk memperkaya pengalaman belajar dan pengetahuan yang tidak terbatas bagi para pelajar,” tambah
H. Sujaelani, M. Pd.

Pada kesempatan terpisah, di bulan Mei 2023 lalu, Apical Dumai juga telah menyerahkan lebih dari 200 bantuan buku bacaan dan Pojok Baca kepada para pelajar Madrasah lbtida’iyah Negeri di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai untuk menumbuhkan minat baca anak-anak dengan mengembangkan kegiatan membaca yang te adwal secara regular.

Apical secara bertahap akan memberikan fasilitas Pojok Baca di sekolah
sekolah atau komunitas yang berdekatan dengan wilayah operasional perusahaan dalam rangka mendukung program Pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya peningkatan kualitas di bidang literasi kepada sekolah binaan yang berada di sekitar area operasional perusahaan.

Jurnalis : (Rosid) – Humas provinsi dki jakarta media mitratnipolri.com
Editor : (Taufik)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button