Institusi TNI

TNI AL Berangkatkan Masyarakat Mudik Gratis Jalur Darat Dan Laut Serentak

Mako Kolinlamil – Jakarta Utara, mitratnipolri.com :

Dalam rangka mendukung himbauan pemerintah agar kegiatan mudik lebaran tahun 2024 dapat berjalan lancar serta dapat mengurangi kepadatan dan angka kecelakaan pada arus mudik lebaran, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali melepas mudik gratis melalui jalur laut menggunakan Kapal KRI Banda Aceh-593 dan jalur darat dengan Bus, Jumat (05/04/2024) di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.

Pemberangkatan mudik bersama melalui jalur darat dan laut ini dilaksanakan secara serentak dari Kolinlamil, Jakarta Utara dan diikuti oleh seluruh kotama/satker wilayah Jakarta.

Pada jalur laut, KRI Banda Aceh-593 berlayar menuju Semarang dan Surabaya membawa masyarakat umum khususnya bagi pengguna kendaraan roda dua. Total pemudik yang telah mendaftar sebanyak 1019 orang dan kendaraan roda dua sebanyak 273 unit. Sebanyak 593 orang dengan 180 kendaraan menuju Semarang, sedangkan 426 orang dengan 93 unit kendaraan menuju Surabaya.

“Khusus masyarakat yang menggunakan jalur laut dengan membawa motornya masing masing, akan lebih nyaman karena kendaraannya disimpan dan bisa beristirahat. Tentunya ini juga akan lebih aman dibandingkan membawa kendaraan roda dua di jalan raya”, ungkap Kasal.

Pada jalur darat diberangkatkan sebanyak 120 Bus dari hasil kerjasama antara TNI Angkatan Laut (TNI AL) dengan mitra Bank meliputi, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Woori Saudara, Bank Jawa Barat (BJB), Bank Artha Graha dan Kementerian Perhubungan. Untuk jalur darat sendiri diperuntukkan bagi keluarga prajurit yang merayakan lebaran di sejumlah daerah di wilayah Pulau Jawa.

Sebelum melepas para pemudik, Kasal menyempatkan untuk melaksanakan peninjauan ke KRI Banda Aceh-593, dan menyampaikan agar para penumpang tetap menjaga kesehatan, berhati-hati serta tidak lupa untuk senantiasa memanjatkan doa.

Kasal juga menambahkan bahwa seluruh pemudik jalur laut maupun darat akan merasa aman selama perjalanan, semua kebutuhan untuk buka puasa dan sahur sudah disiapkan oleh Baznas, TNI AL dan instansi terkait.

“Dalam kesempatan ini, saya juga menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman, mohon maaf lahir dan batin, semoga pada lebaran tahun ini seluruh masyarakat diberikan kesehatan serta kesuksesan, dan dapat kembali lagi tanpa kendala”, tutur Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam kesempatan itu.

Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Jurnalis : Moh Yusuf Kabiro Jakarta Utara media mitratnipolri.com
Editor : Taufik

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button