Institusi TNI

Upacara Pembukaan Patroli Terkoordinasi Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Dan 10 RRD TDM Di Wilayah Serawak–Kalimantan Barat.

KAPUAS HULU, mitratnipolri.com :

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani bersama Yon 13 RAMD melaksanakan Upacara Pembukaan Patroli Koordinasi antara TNI dan RAMD Seri 1 TA. 2023 di wilayah perbatasan darat RI-Malaysia tepatnya wilayah Nanga Badau Kalbar dan Lubok Antu Malaysia, dalam rangka tugas Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia tahun 2023 bertempat di PLBN Nanga Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kamis, 02 Maret 2023.

Pada upacara pembukaan kegiatan Patkor tersebut, amanat tertulis Dankolaops Brigadir Jenderal TNI Pribadi Jatmiko dibacakan oleh Kepala Staf Korem 121/Abw Kolonel Inf Soelistyo Bawono selaku Inspektur Upacara (Irup) menyampaikan bahwa kegiatan Patroli Terkoordinasi ini selain untuk mengetahui batas-batas wilayah dengan ditandai adanya Patroli Patok Batas, juga merupakan wahana untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan profesionalisme prajurit, sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan jalinan persahabatan antar satuan kedua negara.

Selanjutnya, dalam amanatnya tersebut Dankolakops juga mengatakan dalam kegiatan patrol terkoordinasi tersebut juga dapat memberikan manfaat bagi kedua negara di wilayah yurisdiksi masing-masing dalam upaya melakukan pencegahan terhadap kegiatan ilegal seperti, illegal logging, illegal mining, illegal trafficking, pelintas batas ilegal dan kriminalitas seperti narkoba, yang kerap memanfaatkan celah yang ada di wilayah perbatasan kedua negara.

Dankolakops menekankan kepada personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani yang bertugas di perbatasan, agar senantiasa menjalin hubungan yang harmonis dengan prajurit 10 RRD TDM yang saat ini juga bertugas di perbatasan. Dankolakops meyakini apabila pelaksanaan tugas dilaksanakan dengan dasar kehormatan, maka tujuan kegiatan Patroli Terkoordinasi tersebut dapat dicapai sebagaimana mestinya.

Upacara tersebut dibuka oleh Kepala staf Korem 121/Abw Kolonel Inf Soelistyo Bawono, yang dihadiri oleh Kasi Ops Korem 121/Abw Kolonel INF Iwan Purbantoro, Dandim 1206/Psb Letkol Inf Sri Widodo, Dansatgas Yonif 645/Gty Letkol Inf Hudallah, Perwakilan dari Imigrasi serta Bea Cukai Badau, unsur Muspida Kecamatan Badau, tamu undangan dari Tentera diraja Malaysia (TDM) Yang di hadiri oleh Ketua Staf 3 Briged TDM L.t Kol. Ameruddin bin Haji Razali beserta rombongan prajurit 3 Briged TDM.

Pelaksanaan kegiatan upacara berjalan dengan tertib dan aman, yang diikuti oleh personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani bersama Tentera Diraja Malaysia Yon 10 RRD TDM.

Sumber : (Pen Satgas Pamtas RI-Mly Yonarmed 19/105 Trk Bogani)

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button