Institusi TNI

Wadan Lantamal V Hadiri Upacara Gelar Operasi Gaktib Dan Yustisi Polisi Militer TA. 2023

Surabaya, mitratnipolri.com :

Danlantamal V Laksma TNI Supardi yang diwakilkan oleh Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Joni Sulistiawan menghadiri upacara pembukaan gelar operasi penegakan ketertiban dan operasi Yustisi Polisi Militer Tahun Anggaran 2023 bertindak sebagai Inspektur Upacara Mayjend TNI Farid Makruf, M. A. ( Dan Kogartap III/ SBY) sedangkan sebagai Komandan Upacara Letkol Laut (PM) Ageng Kurniawan Haryadi, S. T., M. Tr. Opsla. Yang sehari – hari menjabat sebagai Danyon POM 2 Marinir, Pasmar 2 SBY. bertempat di Lapangan A. Yani Makodam V Brawijaya, Jl. Raden Wijaya no. 1 Sawunggaling Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Rabu (08/03)

Sesuai Visi dan Misi TNI dalam mewujudkan Prajurit TNI yang profesional,Modern dan tangguh maka kepolisian Militer TNI menyelenggarakan fungsi Polisi Militer dan sesuai dengan Tema dari operasi Gaktib dan operasi Yustisi Polisi Militer Tahun 2023 kali ini adalah ” Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Tahun Anggaran 2023, Polisi Militer siap meningkatkan Ketaatan hukum, disiplin dan tata tertib prajurit, guna menjadi Patriot NKRI, dalam rangka mendukung Pembangunan Nasional “.
Adapun sasaran penyelenggaraan operasi Gaktib dan Yustisi tahun ini adalah 1.meningkatkan disiplin, tata tertib serta kepatuhan hukum segenap Prajurit TNI baik dalam kedinasan maupun kehidupan sehari – hari.
2.menindak Prajurit TNI yang melanggar hukum, disiplin, dan tata tertib dimana pun berada.
3.Mencegah arogansi Prajurit TNI yang dapat merendahkan martabat dan citra TNI dimasyarakat.

” Menjelang Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, perlu diwaspadai munculnya politik identitas dimasyarakat, dalam menyikapi situasi ini, seluruh Prajurit TNI hendaknya tetap netral dan tidak terseret ke arah polarisasi politik, Polisi Militer dituntut untuk melakukan pencegahan dan pinindakan terhadap upaya – upaya yang tidak selaras dengan netralitas TNI. ” Tegas Panglima TNI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Kogartap III Surabaya Mayjend TNI Farid Makruf, M.A.

Perlu diketahui bersama bahwa pelaksanaan operasi Gaktib dan yustisi Polisi Militer TNI ini digelar sepanjang tahun 2023,dilaksanakan baik dalam bentuk operasi mandiri maupun operasi gabungan sesuai dengan Wilayah hukum Masing – masing.

Hadir dalam upacara antara lain Pang Koarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah, Wadan Puspenerbal, Kas gartap III / SBY Brigjend TNI Marinir Lili Dasili, Danrem dan Kasdam, para Pejabat Forkopimda Kota Surabaya, para Komandan Satuan TNI / Polri Wilayah Surabaya.

(Redaksi)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button